Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Minggu, 4 April 2010, 15:52 WIB

Etika Berwisata Peninggalan Bersejarah

  1. Jangan buang sampah sembarangan!
  2. Jangan merusak peninggalan bersejarah! Kalau bisa batasi kontak fisik ke benda tersebut!
  3. Baca informasi sejarahnya. Kalau perlu difoto dan dibaca lagi di rumah.
  4. Patuhi peraturan yang berlaku!
  5. Jaga sikap dan sopan-santun!
  6. Jangan hanya foto-foto selfie thok!
  7. Kalau tempat wisatanya sudah ramai, jangan ke sana!

Lebih lanjut, silakan simak artikel ini.

Perbukitan Pereng yang membentang di selatan Prambanan adalah salah satu rute sepeda yang menarik untuk dijajal. Selain medannya offroad, di perbukitan Pereng berdiri sejumlah candi seperti Keraton Ratu Boko, Candi Barong, dan Candi Ijo.

 

Di hari Senin pagi (22/3/2010), aku menjajal rute sepeda di perbukitan Pereng bersama beberapa sahabat SPSS. Lagi-lagi, muncul perasaan kagum bercampur heran bahwasanya nun jauh di atas bukit yang dikelilingi hutan itu ada hasil karya peradaban manusia yang tak lekang dimakan jaman.

 

Sepulangnya dari perbukitan Pereng, kami mampir ke rumah Vendy–salah seorang sahabat SPSS–di Kalasan. Saat kami menceritakan pengalaman bersepeda ke candi-candi di pagi hari itu, ia pun berujar singkat.

 

“Di belakang rumahku juga ada candi lho!”

 

Lima Arca Patung Buddha di Proliman Kalasan Jogja
Lima arca Buddha yang berukuran besar.

 

Didorong rasa penasaran, kami pun mengikuti Vendy keluar rumah. Ternyata benar! Sekitar 10 meter dari halaman rumahnya berjejer 5 buah arca Buddha. Sebagian besar dalam kondisi rusak. Tapi sudah ada perbaikan semisal sambungan pada lengan yang retak. Kata Vendy, dulu pihak BP3 pernah kemari dan meneliti arca-arca ini.

 

Yang membuat kami heran adalah ukuran arca yang cukup besar. Seandainya arca-arca ini ditempatkan di bilik utama candi, bisa jadi ukuran candinya amat besar. Hmmm, menarik. Lebih menarik lagi ketika Vendy mengajak kami berjalan-jalan. Katanya di sekitar tempat tinggalnya ini banyak terdapat batu-batu candi yang berukuran besar. Dari mulai yang ada di kuburan hingga yang ada di halaman rumah warga.

 

Hmmm... apa mungkin dahulu kala di sini pernah ada candi ya?

 

Arca di Kuburan Buddha di Proliman Kalasan Jogja
Reruntuhan candi pun tersebar hingga ke kuburan setempat.

 

Bisa jadi kalau area ini digali dan dicari lebih teliti lagi bakal ditemukan banyak batu-batu candi. Mendengar yang seperti itu Vendy pun lantas nyeletuk.

 

“Lha nanti aku digusur, mau tinggal di mana? Hehehe.”

 

Dan beberapa sejarah memang hanya untuk dikenang, bukan untuk diulang lagi. #mellow #bukan.curhat

 

Arca berukuran besar di Proliman Kalasan Jogja
Ukurannya yang besar, tak mudah untuk dicuri dan dibawa pulang.

 

Jadi, ada apa di belakang rumah Pembaca?

 

Catatan:

Matur nuwun Rizky untuk foto-fotonya  


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • ANNOSMILE
    avatar 2489
    ANNOSMILE #Minggu, 4 Apr 2010, 20:24 WIB
    foto-fotonya mana..kok gak keluar gambarnya
    lali le urung tak uplod foto2 ne, hehehe, saiki wis nggenah kok :)
  • BAYU LAGI
    avatar 2492
    BAYU LAGI #Senin, 5 Apr 2010, 01:17 WIB
    aku ikutan gowes d situ lho.... . aku yakin kalo d situ ada emas nya : se-tidak2 nya mas Bayu....
    patung nya aja segitu gedenya apa lagi candinya.... . masalahnya rumit mau di gali ada pemakaman dan byk rmh tinggal, kalo gag di gali sia2 saja bukti sejarah peninggalan peradaban yg indah wkt itu : terpendam tdk bisa d kagumi dan d pakai sebagai kekayaan pariwisata dLL...
    Jadi Kang, kapan kita gali kuburan itu? :D
  • ZEE
    avatar 2493
    ZEE #Senin, 5 Apr 2010, 07:21 WIB
    Hmm..... kepalanya putus semua ya.
    Petualanganmu mencari candi hebad juga ya, dapattt aja gitu dimana-mana, hehehe...
    wah Bu, kalau di daerah seputar Prambanan, kayaknya emang banyak sisa candi-candi. Kalaupun digali dibawah jalan raya, kayaknya juga ada. hehehe.
  • DEDEN
    avatar 2494
    DEDEN #Senin, 5 Apr 2010, 13:52 WIB
    wieh keren mas aduh asik banget deh jadi pengen hehe, candi itu peninggalan sejarah yah mas :D
    Hohoho, ya.
  • EM
    avatar 2496
    EM #Senin, 5 Apr 2010, 17:46 WIB
    Takbikin patung dulu ah, trus dipajang di halaman, kira2 1000 tahun lagi nasibnxa kayak patung Budha itu tak ya? :D

    *Ditelusuri lebih lengkap lagi ya Nak, wkwkwk
    mending dipendam di bawah tanah sekaliyan eM...
  • SUWUNG
    avatar 2497
    SUWUNG #Selasa, 6 Apr 2010, 07:10 WIB
    sayangnya ngak ada perbandingan dengan orang berapa besar patungnya
    betul juga! lupa saya mbah! nyuwun ngapunten...
  • GOMBAL'S
    avatar 2498
    GOMBAL'S #Selasa, 6 Apr 2010, 08:36 WIB
    mas mawi, coba baca NG edisi Maret. edisi bagus tuh, khusus ngebahas tentang Borobudur...pokoe keren punya dehh...

    -Salam Gombal's-
    hohoho, segera cari di toko-toko buku terdekat
  • OMIYAN
    avatar 2499
    OMIYAN #Selasa, 6 Apr 2010, 13:02 WIB
    hehehehe ntar gara-gara di publish ntar tim purbakala benar benar ngegali nih rumas .... siap siap aja mas nanmpung buat pindahan hahahahaha
    padahal kantor BP3 DIY jaraknya cuma sekitar 100 meter dari sana :D
  • BAMBANG
    avatar 2500
    BAMBANG #Selasa, 6 Apr 2010, 14:12 WIB
    Lokasi nipun wonten pundi nggih? punopo setunggal arah kaliyan Situs Arca Gupala, nuwun
    Sanes pak, di belakang kantor BP3 DIY
  • IESTEA
    avatar 2504
    IESTEA #Rabu, 7 Apr 2010, 11:00 WIB
    wah.. keren deh, tp apa ngga takut ya? yg di belakang rumahku isinya cuma tanah kosong aja kl ke belakang aku takut apalagi kl bekas reruntuhan candi :P
    Malah seru toh? siapa tau di halaman belakang ada fosil dinosaurus :D
  • PEIN
    avatar 2512
    PEIN #Kamis, 8 Apr 2010, 07:00 WIB
    Hm,
    Dibelakang rumahQ ada rumah [wkkkkkkkk].......
    Emangnya namanya situs apa tho ? Ta bernama kah ?
    Kuburannya digali dan direlokasi aja, kaya kasus Gapura Bajang Ratu di Trowulan.........
    Situsnya ndak bernama, wah ndak hanya kuburan, yo luas mpe rumah2 warga
  • GALY HARDYTA
    avatar 2532
    GALY HARDYTA #Selasa, 13 Apr 2010, 14:18 WIB
    di belakang rumah ku ada harta terpendam mas..
    hehehehehehehehe
    apaan itu?
  • CUK RIOMANDHA
    avatar 2629
    CUK RIOMANDHA #Jum'at, 30 Apr 2010, 08:25 WIB
    ini yang selatan proliman itu ya? "Arca-arca Bugisan" ?
    Betul Kang Cuk
  • HAFID JUNAIDI
    avatar 3582
    HAFID JUNAIDI #Jum'at, 14 Jan 2011, 05:14 WIB
    Belakang rumah lahanmilik orang ^_^
    rumah sampeyan? :p
  • TIAN NURYANTO
    avatar 3903
    TIAN NURYANTO #Kamis, 26 Mei 2011, 09:48 WIB
    ya memang hal yg sulit untuk menggali situs purbakala adalah biaya yg
    besar dan sebagian besar tanah dari situs tersebut sdh menjadi hak milik
    perorangan...
    iya Kang, barangkali ada juga candi yang terkubur di bawah jalan raya.
  • SRIYONO SEMARANG
    avatar 3965
    SRIYONO SEMARANG #Minggu, 19 Jun 2011, 16:17 WIB
    wah.... hayo digali terus warisan budaya leluhur kita, kalau lengkap dan terdokumentasi dengan baik, siapa tahu akan terbukti bahwa pusat peradaban dunia jaman dahulu ada di tanah nusantara ini... Semangkaaaa.... :D
    Bahwa di Indonesia lah letak benua Atlantis yang hilaaaang! :D
  • RITA
    avatar 4187
    RITA #Senin, 15 Ags 2011, 14:55 WIB
    peninggalan sejarah,,,
    kepalanya pada kemana ??? :)
    mungkin hilang dicuri maling mbak e :p
  • MAS BOW
    avatar 8508
    MAS BOW #Minggu, 25 Okt 2015, 19:36 WIB
    Lokasi GPS-nya keberadaan 5 patung itu di posisi berapa yach......hehe :D
    Waduh, nggak nyimpen lokasi GPS nya jew...