Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Jum'at, 12 Februari 2010, 11:38 WIB

Bersepeda di malam hari nggak kalah menarik dengan bersepeda saat pagi hari. Suasana malam yang gelap serta sunyi, mengundang nuansa mistis saat bersepeda. Oleh karena itu, banyak kawan yang kerap mengusulkan untuk bersepeda malam ke... kuburan.

 

Kurang kerjaan toh?

 

Nah, di malam Jum’at kemarin (11/2/2010), sebanyak 16 sahabat SPSS nan pemberani bersepeda malam ke tiga kuburan. Kuburan yang menjadi tujuan adalah Makam Pangeran Purbaya, Makam Gemblung, dan Makam Jarakan. Semuanya berada di timur Kota Jogja, di seputar Jl. Jogja – Solo.

 

“Kita ke kuburan niatnya cuma buat nyekar dan foto-foto! Jangan yang aneh-aneh!”


Itu pesan yang disampaikan oleh Mbak Indomielezat pada kegiatan sepeda malam kali ini.

 

Sepeda dan Penunggangnya Masuk Kuburan.
Kapan lagi bisa bersepeda ke kuburan malem-malem kalau ndak rame-rame kayak gini.

 

Makam Pangeran Purbaya dan Makam Gemblung, adalah tempat peristirahatan terakhir orangtua Om Bayu alias Mbah Gundul yang notabene pawang spiritual sekaligus juru tandem SPSS. Jadi, kita semua cukup tenang karena ada dirinya yang sudah hapal “seluk-beluk” kedua makam tersebut, hihihi.

 

Namun, untuk sepeda malam kali ini, aku juga melakukan persiapan. Yaitu dengan puasa sunnah Kamis. Niatnya ya selain untuk beribadah kepada Gusti Allah SWT, juga untuk menangkal hal-hal buruk selama bersepeda malam.

 

Alhamdulillah tidak terjadi musibah apa pun. Eh, boleh percaya atau nggak, cuaca malam itu sama sekali tidak hujan! Padahal kemarinnya hujan deras. Apa ini berkah dari aku puasa sunnah ya? Hehehe.

 

Makam Pangeran Purbaya di Berbah Belakang Bandara Adisucipto
Banyak pengunjung yang berziarah di Makam Pangeran Purbaya ini.

 

Makam pertama yang kami sambangi adalah Makam Pangeran Purbaya. Beliau adalah putra dari Panembahan Senopati, raja pertama Kesultanan Mataram. Pangeran Purbaya ini merupakan tokoh sakti mandraguna. Konon katanya, Sultan Agung Hanyokrokusumo merupakan anak dari Pangeran Purbaya.

 

Makam ini letaknya di belakang Bandara Adisucipto. Rencana perluasan bandara mandeg karena adanya makam Pangeran Purbaya ini. Menurut cerita, nuansa mistis di makam ini Pangeran Purbaya ini cukup kental. Konon lagi, musibah pesawat Garuda yang jatuh di Bandara Adisucipto disebabkan karena pesawat itu melintas “tanpa permisi” di atas makam. Aneh-aneh saja ya?

 

Di Makam Pangeran Purbaya juga terdapat sejumlah makam yang masih kerabat Pangeran Purbaya. Di antaranya adalah ayahanda serta kakek-nenek dari Mbah Gundul.

 

Sekitar 3 km dari Makam Pangeran Purbaya terdapat Makam Gemblung. Di sini bersemayam ibunda dari Mbah Gundul. Makam Gemblung ini letaknya di bukit. Di puncak bukit terdapat makam Bruder Poyo dari Gereja Kalasan.

 

Berziarah kubur sekaligus berdoa
Semoga ditempatkan di sisi-Nya, amin.

 

Makam yang terakhir adalah Makam Jarakan di Kalasan. Di sini kami hanya foto-foto di pintu masuk makam. Sebab untuk masuk ke dalam nuansanya terlalu mistis.

 

Jadi, kapan terakhir Pembaca ziarah kubur di malam Jum’at? #eh


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • EKA SITUMORANG-SIR
    avatar 2214
    EKA SITUMORANG-SIR #Jum'at, 12 Feb 2010, 15:44 WIB
    Wijnaaaaaaaaaaaaa kegiatan lu ituh.. duh! bikin bulu kuduk merinding.. apalagi pertanyaannya...
    Boow.. gue mau ziarah yg pasti milih siang bolong, gak akan malem2.. apalagi malem jumat! Beuuuh :( ngeri ah.

    salut deh sama lu and temen2 mu ituh :)
    Nyatanya ndak ada kejadian apa-apa kok mbak, hehehe.
  • AGUS SEKUM
    avatar 2218
    AGUS SEKUM #Jum'at, 12 Feb 2010, 18:12 WIB
    acara yang menarik inovatif..lanjutkan ke makam-makam berikutnya..hehe
    tunggu malam jum'at Kliwon berikutnya :D
  • ARSEN
    avatar 2219
    ARSEN #Sabtu, 13 Feb 2010, 01:34 WIB
    Keren maw..tunggu aku, bbrapa hari lge aku balik. Klo ada NR lge kasitw yach..
    Kamu bilang ini keren? ckckckck...
  • ZEE
    avatar 2220
    ZEE #Sabtu, 13 Feb 2010, 09:45 WIB
    Buset dah, bersepeda malam2 ke kuburan. Tp kegiatan kamu ini unik banged, siapa coba yg mau mikir repot2 ziarah malam jumat ke kuburan? Dan persiapan puasa sunnah menurut saya memang mgkn saja jd bawa berkah ke dirimu kan, jd perjalanan aman sentosa hujan pun gak turun.
    Tapi saya gak deh kl suruh ziarah malam2 hehe.. Krn mereka di alam sana kan jg tidur ya malam2, kasian klo dikunjungi, istirahatnya ntar terganggu. :D
    Hahaha, ini cuma nyari sensai aja Bu, ziarah ke makam, malam-malam, pas malam Jum'at. Tapi nyatanya ndak ada apa-apa kok. Apa makamnya yang kurang angker yah? hehehe.
  • FIAH ZHAPHIRA
    avatar 2221
    FIAH ZHAPHIRA #Sabtu, 13 Feb 2010, 11:23 WIB
    ck..ck..ck..ada2 aja....coba kompleks pekuburannya di atas bukit, yang kalo' ke sana harus lewat hutan dulu...berani ndak????

    eh, coba foto2nya diperiksa kembali...sapa tau ada "objek yang tak diinginkan" tertangkap oleh kamera????hahahaha.....
    Wah sayangnya ndak ada tuh obyek foto yang numpang tertangkap kamera. :D

    Mungkin besok mesti cari kuburan di dalam hutan, hehehe.
  • SUWUNG
    avatar 2223
    SUWUNG #Sabtu, 13 Feb 2010, 13:21 WIB
    wah sepeda bisa masuk makam?
    Jelas bisa mbah, wong ndak ada yang jaga :D
  • ARYO WIKANTOMO
    avatar 2225
    ARYO WIKANTOMO #Minggu, 14 Feb 2010, 14:17 WIB
    mantafff....!!!!!anak muda jaman sekarang emang hebat2...lanjutkan nak...
    bener-bener, anak muda Jogja jaman sekarang... :p
  • M HASANUDIN
    avatar 2239
    M HASANUDIN #Rabu, 17 Feb 2010, 11:25 WIB
    ati2 dibuntuti kuwe, cah. hehe...

    btw ada rencana down hill
    tenang ja, kan itu dah ada pawangnya :D
    rencana downhill kemana?
  • NUR
    avatar 2241
    NUR #Rabu, 17 Feb 2010, 14:08 WIB
    Hmmm... lain kali coba dateng sendirian. Pasti sensasinya lebih berasa.
    pas KKN dulu sering pulang tengah malem lewat kuburan, tapi ndak foto-foto :D
  • GANDI WIBOWO
    avatar 2265
    GANDI WIBOWO #Sabtu, 20 Feb 2010, 18:51 WIB
    Nyepeda malem-malem dimakam gak se-serem nyepeda malam-malam di Jakarta... Setan Jalanan berkeliaran gak terkendali.
    setan Jakarta ngincernya harta...
  • PEIN
    avatar 2270
    PEIN #Sabtu, 20 Feb 2010, 19:18 WIB
    Hm,
    Terlalu Unix
    Lain kali ajah deh..........
    Kekekeke...........

    Y A B E G I T U L A H ! !
    ngaku aja kalau takut :D
  • ANNOSMILE
    avatar 2275
    ANNOSMILE #Minggu, 21 Feb 2010, 19:28 WIB
    wah oleh wangsit mesti..
    poso mutih e terkabul..
    wkwkwk..
    wangsit opo mie pangsit? :D
  • MAS STEIN
    avatar 2288
    MAS STEIN #Selasa, 23 Feb 2010, 12:54 WIB
    golek perkoro! :p
    nyatanya ndak ada apa-apa toh? :D
  • PEIN
    avatar 2308
    PEIN #Jum'at, 26 Feb 2010, 18:18 WIB
    Sebenarnya,
    Saya udah sering ke kuburan malam2 dan secara estafet, Yaitu :
    1. Makam Sunan Ampel -> Jam 9 malem
    2. Makam Sunan Giri -> Jam 1/2 12 malem
    3. Makam Maulana Malik Ibrahim -> Jam 2 pagi
    4. Makam SUnan Drajad -> Jam 1/2 4 pagi

    Padahal aq bd Kykinan, kok bisa nyasar kesana ?
    Heran.........

    Y A B E G I T U L A H ! !
    woolha, petualang kuburan juga dirimu yah?
  • GUFRON AL BANTANI
    avatar 3731
    GUFRON AL BANTANI #Senin, 21 Mar 2011, 14:36 WIB
    sy kira bukan beda keyakinan,,, cuma beda jalan aja... tapi satu TUJUAN
    Nuwun Kang :)
  • SENTRA TIMUR
    avatar 9762
    SENTRA TIMUR #Kamis, 2 Jun 2016, 23:27 WIB
    www.sentratimurrecidence.com