Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Rabu, 27 Januari 2010, 11:22 WIB

Kalau nasi direbus jadinya apa ya? Ya tetap jadi nasi lah! Kalau ada yang bilang jadinya bubur, itu kan nama lain dari nasi yang lembek aja. Soal lembek atau kerasnya nasi, jelas itu tergantung dari gigi yang mengunyah. Tak usahlah dibahas lebih jauh.

 

Namun faktanya, ada santapan bernama nasi rebus. Seketika itu pula, langsung muncul tanda tanya. Nasi kan sudah lembek, buat apa direbus?

 

Tanda tanya itu terjawab di warung Bakmi Gilang I yang letaknya di Jl. Samas, Bantul, DI Yogyakarta. Sekitar 3 km ke arah selatan dari pertigaan Palbapang. Di sana tersedia menu andalan nasi rebus. Bisa ditebus seharga Rp7.000 saja. Berhubung ini kuliner Jawa, harap maklum bila namanya beralih jadi sego godhog.

 

Nasi rebusnya warung Bakmi Gilang I
Sego Godhog dengan teh poci = nyammm!!!

 

Ada yang bilang, kuliner itu hasil dari kompromi. Maksud hati ingin makan bakmi rebus. Namun perut menolak bersantap tanpa nasi. Alhasil, muncullah menu sego godhog.

 

Namun sego godhog tak hanya nasi yang berenang di kuah bakmi rebus. Pelengkapnya; suwiran kubis, potongan mentimun, dan taburan kacang tanah goreng. Satu yang pasti, cara memasaknya tak boleh sembarangan. Itu sebabnya, tak mudah kita temui warung yang menyajikan sego godhog.

 

Goes Moakh Danang
Saya percaya pada kualitas lidahnya.

Perihal citrasa, saya serahkan saja kepada Goes Moakh. Sahabat SPSS bertubuh tambun, dan tentu doyan makan. Berikut adalah petikan ulasan yang termuat di akun facebook miliknya.

 

Penampilan : (gak monoton)

Rasa : (kurang pedes, kesan pertama gak dapet)

Harga : (standar lah...)

 

 

 

Rame-rame bersepeda hujan-hujan.
Kalau sepeda pas hujan ya pakai mantel, tapi tetep narsis!

 

Oh iya! Itu aku singgung nama SPSS, sebab 14 sahabat SPSS berkunjung di warung Bakmi Gilang I pada hari Rabu (20/1/2010). Yang jelas seru, sebab kita bersepeda malam hari, di bawah guyuran hujan lebat dan memakan waktu sekitar 3 jam. Eh, kelakuan yang ini jangan sering-sering ditiru yah.

 

Jadi, apa Pembaca punya ide bersantap nasi rebus? Semacam nasi dicampur kuah mie instan gitu?


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • FAHMI!
    avatar 2134
    FAHMI! #Rabu, 27 Jan 2010, 12:11 WIB
    eh menarik. baru tau ada nasi rebus, hehe. kapan2 kalo ke jogja boleh dicoba ah. thx 4 sharing :D
    silakan dicoba, kalau seandainya kurang, boleh nambah kok :D
  • YUSTHA TT
    avatar 2135
    YUSTHA TT #Rabu, 27 Jan 2010, 13:08 WIB
    waduh......bentuknya.....
    nggak deh...
    saya mie rebus pisah aja... (sprti kalo beli soto, ada soto pisah dan aku sll pesen soto pisah. Geli kalo nasinya dicampur dengan kuah...)
    Nah itu dia mbak, saya ndak ngerti apa kuah dan nasinya bisa dipisah. Tapi kalau dipisah, namanya Sop dong?
  • EM
    avatar 2136
    EM #Rabu, 27 Jan 2010, 14:44 WIB
    Kuwi sego godhogè timur jalan ato barat jalan? Letakè ngikut Pandak ato Bambanglipuro?
    kosek2, aku ki pas rono ndak memperhatikan letak pasar, apalagi arah mata angin. Udah gelap dan hujan eM.
  • ZEE
    avatar 2137
    ZEE #Rabu, 27 Jan 2010, 17:10 WIB
    Berarti ini mirip penyajian soto di sini. Baik soto biasa or soto kudus, sering tuh ditanya sama mbaknya, nasinya campur atau pisah? Kalo campur berarti nasi diteplokin langsung di mangkuk soto. Klo dipisah baru deh diletakkan di piring spt normalnya makan nasi.
    Tapi ini kuahnya seperti ndak bisa dipisah Bu. Semacam pesan bakmi rebus tapi bakminya diganti nasi gitu...
  • VICKY LAURENTINA
    avatar 2138
    VICKY LAURENTINA #Kamis, 28 Jan 2010, 06:43 WIB
    Ini namanya nasi berenang di dalam mi rebus. Nggak ada dagingnya tho, Na? Semacam ayam suwir-suwir atau bakso gitu?
    Itu ndak ada mie nya mbak. Suwiran ayam ya ada, soalnya kuah bakmi rebus kan pakai suwiran ayam.
  • FROZZY
    avatar 2139
    FROZZY #Kamis, 28 Jan 2010, 09:31 WIB
    gyaaa....penampakannya kok nggilani gitu yah... kalo mesen nggak pake nasi bisa nggak tuh ?
    lha kalau mesen nggak pakai nasi ya namanya mesen kuah bakmi lhaa... :D
  • RANYSTARRY
    avatar 2142
    RANYSTARRY #Kamis, 28 Jan 2010, 11:33 WIB
    hehe, dibelain sampe ujan2an ya? apa sampe rumah gak laper lagi tuh?
    sampai rumah langsung makan Indomie :D
  • ANNOSMILE
    avatar 2143
    ANNOSMILE #Kamis, 28 Jan 2010, 11:37 WIB
    kayak jenang gitu hih...
    gak doyan..
    jenang? ngendi jenange?
  • MAS STEIN
    avatar 2145
    MAS STEIN #Kamis, 28 Jan 2010, 15:52 WIB
    setuju sama frozzy, penampilannya ndak meyakinkan, cenderung nggilani. hehe

    btw lama ndak berkunjung rumahnya abis dicat ya?
    Weeee...ya memang penampilan sepertinya perlu diubah sedikit biar menarik :). Iya kang, baru aja di cat di awal tahun ini.
  • EDRATNA
    avatar 2146
    EDRATNA #Jum'at, 29 Jan 2010, 09:49 WIB
    Waduh...tampilannya harus dibuat menarik...
    Tapi memang di Yogya, saya baru tahu makan mie pakai nasi dan dicampur...hihihi
    Padahal selama ini kalau makan mie ya hanya mie saja...
    eh, yang ini tanpa Mie bu, nasi dan kuah aja...
  • SUWUNG
    avatar 2147
    SUWUNG #Jum'at, 29 Jan 2010, 18:54 WIB
    jadi laper bos
    mau makan nasi godhog mbah?
  • INDAH
    avatar 2148
    INDAH #Jum'at, 29 Jan 2010, 20:19 WIB
    Bisa bikin sendiri kayaknya, asal kuah mie instan terus ditambahi nasi, terus pelengkap lainnya.
    Silakan dicoba Bu, ntar gimana rasanya, laporkan ke saya yah :D
  • EKY
    avatar 2149
    EKY #Sabtu, 30 Jan 2010, 13:14 WIB
    nikmat gak kang ??? wuih penasaran....
    katanya sih enak, saya ndak ngicipi wong saya pesennya bakmi rebus.
  • PEIN
    avatar 2153
    PEIN #Sabtu, 30 Jan 2010, 16:06 WIB
    Komentar saya kok gagal muncul terus ya ?!
    komentarmu ndak terekam masuk, coba pakai Mozilla.
  • NENGRATNA
    avatar 2155
    NENGRATNA #Minggu, 31 Jan 2010, 01:43 WIB
    biking to samas.. anananana.. :D
    pernah nyoba sepeda malem-malam plus kehujanan? :D
  • NUR
    avatar 2167
    NUR #Selasa, 2 Feb 2010, 07:50 WIB
    Penampilannya aneh. Lha yang punya blog sendiri ga mau nyicip gitu.. :p
    mau nyicip tapi dah kekenyangan
  • ZAM
    avatar 2187
    ZAM #Jum'at, 5 Feb 2010, 06:41 WIB
    seingetku di depan terminal Jombor ada yg jual nasi rebus.. :D
    pagi po malem? aku sering lewat sana sore, tapi ndak ketemu.
  • TUTI NONKA
    avatar 2211
    TUTI NONKA #Kamis, 11 Feb 2010, 02:06 WIB
    Waduuh ... sak piring menclep-menclep, lha saya lihat aja sudah langsung kenyang ... hehehe ...

    Kalau ada menu nasi goreng, sekarang ada nasi bakar, masuk akal juga kalau ada nasi godog ya ...
    jelas Bunda, selama ada nasi, beragam lauk dan cara penyajian bisa dikombinasikan jadi santapan unik :D
  • YOSAFAT
    avatar 2252
    YOSAFAT #Kamis, 18 Feb 2010, 20:54 WIB
    aku nduwe konco nek dijak mangan bakmi godhog, mesti de'e malah obo sego godhog.
    Lha memang katanya enak kok mas...
  • FACHMI
    avatar 2440
    FACHMI #Kamis, 25 Mar 2010, 14:34 WIB
    biasanya bakmi yg dicampur identik dgn nama kota,, ada magelangan (mi campur nasi), semarangan (mihun campur nasi), la ini opo ya... purwokertonan opo jogjanan
    ini kreasi unik, makanan yang tercipta dari kreativitas rakyat Jogja :D
  • ANNOSMILE
    avatar 2521
    ANNOSMILE #Minggu, 11 Apr 2010, 10:55 WIB
    pengen nyicipi nasi godog aku..
    sesuk nek meng samas mampir
    monggo le, jangan kesasar ya :D
  • AGGA
    avatar 4544
    AGGA #Sabtu, 14 Apr 2012, 15:01 WIB
    kalau dari arah glagah sari trus kemana ya...
    ke arah Jl. Samas brow