Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Sabtu, 16 Januari 2010, 04:38 WIB

Etika Berwisata Alam

  1. Jangan buang sampah sembarangan!
  2. Jangan merusak alam!
  3. Patuhi peraturan dan tata krama yang berlaku!
  4. Jaga sikap dan sopan-santun!
  5. Jangan hanya foto-foto selfie thok!
  6. Kalau tempat wisatanya sudah ramai, jangan ke sana!

Lebih lanjut, silakan simak artikel ini.

Dari namanya saja, Gunungkidul berarti gunung di arah selatan. Itu karena berjuta-juta tahun yang lampau wilayah ini berwujud pegunungan. Salah satu fakta yang masih bisa kita saksikan sampai saat ini adalah keberadaan suatu gunung api purba bernama Gunung Nglanggeran.

 

Adanya kata purba, mendadakan bahwa gunung berapi ini sudah mati alias sudah lama nggak aktif. Tenang saja, di Gunung Nglanggeran ini nggak ada dinosaurus yang sedang kejar-kejaran. Yang ada hanya sejumlah pesepeda yang berambisi menaklukkan tanjakan menuju gunung api purba.

 

Itulah aktivitasku pada hari Sabtu pagi (9/1/2010) bersama ke-18 rekan SPSS (Sabtu Pagi Sepeda Santai) lainnya yaitu Paklik Turtlix, Nyonyah Indomielezat, Mbak Uun, Pipink, Tiwi, Anggi, Hertanto, Mas Arief, Mas Dhani, Mas Yudhi, Mas Yohan, Anwar, Arisma, Goes Moakh, Mbah Gundul, Pak Rudi, Wafa, dan Kang Haryanto. Komposisi peserta, 15 pria dan 4 wanita.

 

Foto bareng sebelum ke nglanggeran
Foto bareng di perempatan ringroad Jl. Wonosari sebelum berangkat.

 

Titik Awal:

Simpang Ringroad Jl. Wonosari

 

Titik Tujuan:

Gunung Api Purba Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta

 

Jarak Tempuh (Waktu Tempuh):

30 km (3 jam)

 

Rute Perjalanan:

Pergi: Simpang Ringroad Jl. Wonosari – Patuk – Desa Ngoro-Oro – Nglanggeran

Pulang: Nglanggeran – Lemah Abang (Gayamharjo) – Berbah – Kota Jogja

 

Medan:

Mayoritas perjalanan pada jalan aspal. Namun karena ini Gunungkidul, maka jalan penuh dengan tanjakan berat.

 

Taklukkan Tanjakan Patuk!

Hati-hati melintasi tanjakan Pathuk!
Pemandangan truk terbalik seperti ini adalah
hal lumrah di tanjakan Pathuk. Waspadalah!

Inilah etape berat pertama yang harus kami lalui. Setiap orang yang hendak singgah di Patuk, Gunungkidul harus melewati Tanjakan Patuk yang terkenal ganas nan beringas.

 

Panjang tanjakan Pathuk hanya sekitar 3 km saja. Tapi, untuk menaklukkannya dengan sepeda perlu waktu 1 jam! Banyak peserta wanita yang kepayahan. Semisal Mbak Uun yang perlu ditandem Mbah Gundul dan Tiwi yang harus isi bensin dulu pakai Indomie rebus.

 

Sukses bersepeda menaklukkan tanjakan pathuk
Sukses menaklukkan etape berat pertama, Tanjakan Patuk.

 

Taklukkan Ngoro-Oro!

Ndak kuat boleh dituntuk kok.
Kalau nggak kuat nanjak, sepedanya boleh dituntuk kok.

Setelah rehat sejenak di puncak Tanjakan Patuk, saatnya melanjutkan etape berat kedua menuju Desa Ngoro-oro yang letaknya di Kecamatan Patuk. Jalannya sih jalan aspal, tapi konturnya naik-turun.

 

Yang menyenangkan dari jalan ini adalah pemandangan sawah yang berbukit-bukit. Nggak heran kalau banyak pasangan yang menyempatkan foto pranikah disini. Oh iya, desa Ngoro-oro juga dikenal sebagai desa pemancar televisi. Itu karena berbagai stasiun televisi untuk wilayah DI Yogyakarta memancang tiang pancarnya di desa ini.

 

desa pemancar televisi ngoro-oro
Desa ngoro-oro yang banyak pemancar televisinya.

 

Taklukan Nglanggeran!

Perlu masuk hutan.
Udah capek nggowes, tapi masih harus masuk hutan.

Setelah perjuangan panjang, sampailah kami di Gunung Purba Nglanggeran. Retribusinya murah, hanya Rp1.000 per orang. Berhubung sudah sampai sini, nggak afdol rasanya kalau tidak naik ke gunungnya.

 

Jadilah kami semua mengusung sepeda sembari mendaki gunung. Itu pun pada akhirnya kami harus memarkir sepeda, sebab jalan menuju puncak lumayan berat kalau dilalui pakai sepeda.

 

Kami memang tidak sampai puncak teratas. Akan tetapi sudah cukup puas karena bisa menyaksikan panorama ketinggian dari gunung api purba. Sayang cuacanya mendung, jadi aku nggak motret pas di atas sana, hehehe.

 

wanita pesepeda di Nglanggeran
Wanita-wanita gagah perkakas yang berhasil menaklukkan Nglanggeran.

 

Taklukan Lemah Abang!

Etape terakhir dan yang paling berat untuk bisa pulang ke Kota Jogja adalah menaklukkan tanjakan Lembah Abang. Sebenarnya sih bisa pulangnya lewat Patuk lagi. Tapi Mbah Gundul menganjurkan lewat Lemah Abang. Sebab jaraknya lebih singkat dan jalan raya Patuk kalau siang ramai dengan kendaraan bermotor.

 

Sebelum melibas tanjakan Lemah Abang kami bertemu dengan jembatan gantung. Cukup seru melintasi jembatan ini, sebab saat dilintasi jembatan ini bergoyang ke sana-ke mari, hehehe .

 

foto bareng jembatan gantung lemah abang
Sebelum melibas tanjakan, foto bareng dulu di jembatan gantung Lemah Abang.

 

Nah, apa Pembaca berminat untuk berkunjung ke Gunung Api Purba Nglanggeran? Pengunjungnya masih sedikit lho.


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • SUWUNG
    avatar 2084
    SUWUNG #Sabtu, 16 Jan 2010, 09:23 WIB
    wah naik sepeda mas? lewat argo dumilah nggak?
    Hargo Dumilah itu bukannya di puncak Gunung Lawu mbah?
  • VIZON
    avatar 2086
    VIZON #Sabtu, 16 Jan 2010, 21:17 WIB
    Ke Gunung Api Purba Nglanggeran? Ya berminatlah Wij... tapi, kalau segitu susahnya bila bersepeda, mikir-mikir dulu ya. Kasihan sama perutku, hahaha.... :)
    Pakai motor atau mobil juga bisa kok Uda :D
  • PEIN
    avatar 2088
    PEIN #Sabtu, 16 Jan 2010, 23:19 WIB
    Wah, bersusah payah dahulu ya ?!
    Towernya kebanyakan, ga kayak LOTR 2Tower
    Kekekekeke... :P
    banyak? kan namanya mau menyaingi Lord of The Rings, wekekeke.
  • MURWANI
    avatar 2091
    MURWANI #Minggu, 17 Jan 2010, 19:16 WIB
    WAKTU latihan alam duluuuu saya pernah ke Nglangeran sampai puncak lho..emang bagus banget. Saya emang tidak menduga kalau jauh,karena pundak saya masih dijahit habis operasi,he...he...akibatnya waktu turun saya ngesot,wah rugi 1 celana jean.he..he...tapi dulu nggak bayar lho...
    Wah saya sebetulnya juga pingin nyampe puncak. Tapi berhubung kita pada sepedaan, jadi mikir-mikir juga gimana nanti baliknya. Wong dengkul udah pada pegel semua. Mungkin sekarang dipungut retribusi karena makin hari makin terkenal dan makin perlu dibersihkan :)
  • ANNOSMILE
    avatar 2092
    ANNOSMILE #Senin, 18 Jan 2010, 08:29 WIB
    ngliat foto tower
    itu ada banyak tower...!!!
    sapa bilang two tower :P
    Kalau kamu ngeliatnya cuma dua tower, ya mirip Two Tower lah No. :p
  • OMIYAN
    avatar 2093
    OMIYAN #Senin, 18 Jan 2010, 13:22 WIB
    saya tak bisa berkata apa-apa selain rasa iri yang sangat besar melihat medan yang begitu menggoda ...... asyik asyik banget

    jadi pengen kesana kapan ya...

    salam buat anak-anak SPSS
    boleh kok om jadi fans-nya SPSS di Facebook. Link-nya ada di ujung kiri bawah blog ini.
  • ZEE
    avatar 2095
    ZEE #Senin, 18 Jan 2010, 21:50 WIB
    Buset deh itu truk hihiih...
    Terbalik itu biasa ya? Berarti udah kayak Jakarta, di sini tiap hari selalu ada truk yg kebalik...
    Karena jalan disana menanjak dan berkelok-kelok Bu. Hampir ndak ada jalan rata untuk sekedar mencari keseimbangan. Apalagi truk-truk itu kan muatannya berat, jadi mudah oleng.
  • HERSU
    avatar 2096
    HERSU #Senin, 18 Jan 2010, 22:34 WIB
    jadi inget waktu masih muda...senengnya mblusuk gua di GK
    Hohoho, di Gunung Kidul memang terkenal banyak guanya mas.
  • PESEPEDA CINTA DAMAI
    avatar 2099
    PESEPEDA CINTA DAMAI #Selasa, 19 Jan 2010, 11:23 WIB
    kunjungan balasan :)

    berkomentar foto truk terbalik;
    bukannya pada nolongin malah foto2 :D. aku kira yang bikin terguling gara-gara loading yg berhelm hitam wkwkwk
    Lha aku ya juga bingung. Truknya terbalik apa karena pesepeda yang pakai helem item itu? hehehe. Tapi tu Gus Danang kayaknya yang paling aktif minta dipotret dengan latar belakang truk kebalik. :D
  • DITTA
    avatar 2110
    DITTA #Kamis, 21 Jan 2010, 14:26 WIB
    Berarti ada bekas kawahnya yg uda gag aktif gitu ya ato sumber air panas?
    ndak ada sumber air panas, hanya bolongan besar bekas kawah
  • RANYSTARRY
    avatar 2127
    RANYSTARRY #Senin, 25 Jan 2010, 16:55 WIB
    gyaaa.. besok kamu jadi penggantinya mbah marijan wae mas.. :p
    Gunung Nglanggeran ndak ada gunung berapinya
  • RANYSTARRY
    avatar 2141
    RANYSTARRY #Kamis, 28 Jan 2010, 11:23 WIB
    kan aku bilangnya pengganti mbah marijan, berarti ya di Merapi :p
    waduh kapan ya ke Merapi lagi?
  • CUK
    avatar 2162
    CUK #Senin, 1 Feb 2010, 15:41 WIB
    wah aku belum pernah kesana ...
    katanya disitu juga ada semacam batu2 megalitik seperti yang ada di daerah karangmojo gunungkidul
    wah saya malah baru tahu disana ada batu megalitik.
  • UDI BASUKI
    avatar 2366
    UDI BASUKI #Selasa, 9 Mar 2010, 10:44 WIB
    ayooo...ngajak aku dong.kapan bersepeda lagi?
    colling aku ya: 0812 1000 9341.aku di jakarta.kalau sabtu minggu aku libur nih.
    Ini di Jogja je
  • ANNOSMILE
    avatar 2428
    ANNOSMILE #Minggu, 21 Mar 2010, 08:40 WIB
    kok wingi aku mrono gak bayar yo..
    tapi gak sido ndaki..soale wes kesiangan..
    eh..minta foto2 di kawah dung..aku penasaran
    kowe ra bayar merga ra ngampiri pos masuknya, ckckck...
    aku ra sempet foto kawahnya
  • SARJIO
    avatar 2804
    SARJIO #Kamis, 3 Jun 2010, 15:56 WIB
    terlambat saya sudah lihat di facebook ku ok
    owkey deh
  • SARJIO
    avatar 2805
    SARJIO #Kamis, 3 Jun 2010, 15:59 WIB
    Coba aja kalau pinggin lebih tinggi ke candi ijo selatan candi boko saya 16 teman bersepeda sampai atas ([email protected] ) di bukayaaaaa?
    Kalau ke Candi Ijo sih udah berkali-kali Kang. Apa sampeyan pernah nyepeda sampai Ketep? Baru minggu kemaren saya dari Ketep bareng temen-temen.
  • NIRCABLE
    avatar 3834
    NIRCABLE #Senin, 2 Mei 2011, 14:29 WIB
    masih eksotis pesona Alamnya
    Jadi kapan ke Gunung Api Nglanggeran? :D
  • HARNANTO
    avatar 9456
    HARNANTO #Selasa, 5 Apr 2016, 17:11 WIB
    nglanggeran dekat tu mas ama rumah mbhku.klo jalan2 lgi sya di ajak mas