Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Minggu, 10 Januari 2010, 09:48 WIB

Etika Berwisata Alam

  1. Jangan buang sampah sembarangan!
  2. Jangan merusak alam!
  3. Patuhi peraturan dan tata krama yang berlaku!
  4. Jaga sikap dan sopan-santun!
  5. Jangan hanya foto-foto selfie thok!
  6. Kalau tempat wisatanya sudah ramai, jangan ke sana!

Lebih lanjut, silakan simak artikel ini.

Kurang puas dengan apa yang kami temui di Candi Pringtali, kami pun lantas memutar otak mencari obyek wisata lain. Agatha mengusulkan ke Gua Kiskendo saja berhubung jaraknya dari lokasi Candi Pringtali memang tergolong dekat, sekitar 7 km.

 

Asal-Usul Gua Kiskendo dari Kisah Ramayana

Gua Kiskendo masih berada di wilayah Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta. Retribusi masuk per orangnya Rp1.500 dan jasa pemandu Rp500. Tapi pada kenyataannya kami masuk Gua Kiskendo tanpa didampingi pemandu. Korupsi kah? Apa mungkin kami pengunjung yang kurang-aktif menuntut hak?

 


Gua Kiskendo
(Klik Untuk Memperbesar)

Konon katanya, Gua Kiskendo ini ditemukan oleh penduduk lokal bernama Ki Gondorio sekitar tahun 1700-an. Ki Gondorio ini lantas memberi nama setiap ruangan di Gua Kiskendo sesuai kisah pada lakon pewayangan Ramayana.

 

Diceritakan bahwa Gua Kiskendo ini merupakan tempat pertarungan Subali versus duet Mahesasura dan Lembusura. Cerita pewayangan ini–dengan versi nyeleneh–bisa pembaca simak di situs ini. Mahasiswa ISI Jogja pun mengukir relief cerita pewayangan ini di dekat pintu masuk gua.

 

Tips dan Teknik Fotografi di Dalam Gua

Nah, apa yang aku maksud dengan 4 detik bukan berati kami berada di Gua Kiskendo hanya selama itu. Melainkan waktu yang dibutuhkan kamera untuk mengambil foto-foto di dalam gua. Istilah kerennya exposure time. Itu karena suasana di dalam Gua Kiskendo ini gelap. Selain gelap juga sepiii sekali. Nggak seperti Gua Gong di Pacitan yang penuh sesak manusia seperti pasar.

 

Berhubung aku sudah pernah dua kali masuk ke dalam gua dan memfoto bagian dalamnya, aku mau bagi-bagi sedikit tips ke Pembaca tentang teknik fotografi di dalam gua.

 


Memakai lampu AF DSLR sebagai senter
adalah ide cerdas
  1. Bawa tripod, sebab di dalam gua relatif tidak ada tempat untuk meletakkan kamera. Kalaupun ada bebatuan, biasanya basah dan berlumur tanah.
     
  2. Jangan pakai flash internal. Gunakan ISO 200-400. Aktifkan mode shutter-priority dan pilih kecepatan selambat mungkin. Aku pilih 4 detik karena itu batas maksimal kami bisa berpose diam mematung. Soalnya kalau gerak, nanti foto kami buram.
     
  3. Pakai lensa sudut lebar, bisa juga Fish-Eye. Lensa Mas Ipuk 70-200 f/4 tidak bisa berkutik di dalam gua, hehehe.
     
  4. Motret di dalam gelap itu susahnya adalah mencari fokus. Kalau aku sih selalu menyertakan obyek cahaya pada foto, walau remang-remang sekalipun. Jadi fokusnya adalah ke cahaya itu.
     
  5. Untuk teknik yang lain bisa menggunakan Flash Painting. Tapi hati-hati melangkah, soalnya di dalam gua itu becek dan licin.

 

Pas waktu itu aku kebetulan nggak bawa tripod dan flash eksternal. Jadi aku harus rela kameraku kotor dengan tanah. Tapi hasil fotonya nggak mengecewakan kan?

 

Yang namanya fotografi itu kan, man behind the gun, hahahaha

 

 

Tips Menjelajah Isi Gua

Oh ya ada beberapa hal yang patut diperhatikan ketika memasuki gua, utamanya gua yang sepi seperti ini:

 


Ada 15 ruangan di gua ini, jarak terjauh sekitar 100 meter.
  1. Alas kaki sendal saja, kalau bisa sendal gunung karena di dalam becek dan licin.
     
  2. Bawa alat penerangan seperti senter. Waktu itu kami cukup kreatif dengan menggunakan lampu AF kamera DSLR kami sebagai pengganti senter.
     
  3. Jaga kesopanan. Tidak buang sampah sembarangan. Tidak ngomong sembarangan. Wajar kok kalau tiba-tiba bulu kuduk ”merinding”. Toh aku juga mengalaminya waktu motret, hehehe.

 

Nah, gimana? Pembaca sudah siap menjelajah masuk gua?


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • JEJAK ANNAS
    avatar 2050
    JEJAK ANNAS #Minggu, 10 Jan 2010, 16:56 WIB
    saya salut dengan kameraya. bisa tembus pandang di kegelapan gua
    semua kamera bisa kok mas, asal pengaturannya diatur dengan baik
  • SUWUNG
    avatar 2051
    SUWUNG #Minggu, 10 Jan 2010, 17:25 WIB
    wah tampilanya baru
    ketemu otak yang tercecer tidak brooo?
    katanya disana ada batu-batu yang menyerupai isi lambung Mahesasura yang tercecer. Nuwun mbah :D.
  • VIZON
    avatar 2052
    VIZON #Senin, 11 Jan 2010, 12:20 WIB
    Ok Wij, aku siap menjelalah masuk gua. Tapi sebentar, aku beli dulu kamera yang canggih ya, biar ndak mengecewakan, hehehe... :)
    kamera ndak perlu canggih-canggih Uda. Yang penting ndak takut gelap. hehehe.
  • IES
    avatar 2055
    IES #Senin, 11 Jan 2010, 14:34 WIB
    kok goanya serem ya kii??
    Sereman mana sama Nyai? *lempar sepatu
  • ADIPATI KADEMANGAN
    avatar 2056
    ADIPATI KADEMANGAN #Senin, 11 Jan 2010, 14:55 WIB
    Itu foto di jembatan malah mirip penampakan :P
    Lha orang aslinya aja mirip penampakan kok. *dilempar sendal sama Agatha
  • NUR
    avatar 2057
    NUR #Senin, 11 Jan 2010, 15:04 WIB
    Komen ga nyambung dulu: Aku ngelu dg tampilan ini. Apa aku aja yang ndeso, ya? :(

    Komen terkait artikel: 4 detik! Kalo fotonya sambil senyum lebar, bisa kering tuh gigi :p
    ngelu gimana maksudnya? lebih spesifik dong.

    Hahaha, itu ndak pakai senyum karena udah kecapekan masuk gua.
  • EM
    avatar 2061
    EM #Selasa, 12 Jan 2010, 20:50 WIB
    Wij, setahuku Kiskendo tu masuk kecamatan Girimulyo :D
    Ha? oke-oke...
  • ZEE
    avatar 2062
    ZEE #Rabu, 13 Jan 2010, 10:18 WIB
    Wah kamu theme baru ya.
    Kolom komennya lari ke kanan nih, berantakan klo aku buka di tempatku (IE).

    Oh iya, dulu waktu saya kecil saya suka masuk2 ke gua gt... hehee dan emang licin ya di dalam gua itu. Jadi inget fim horor Descent itu, yg guanya ga ada pintu keluar. Hiihhh...
    Bu Zee pakai IE versi berapa? Saya coba di IE 6 lancar tuh.

    Saya juga bayanginnya kayak di film Descent itu. Takutnya kayak mbak-mbak itu, ndak dapet jalan keluar n dikejar-kejar penunggu gua. :D
  • ALFON
    avatar 2063
    ALFON #Rabu, 13 Jan 2010, 12:05 WIB
    wow blog seorang petualang ni
    ndak kok mas, cuma tukang mblusuk aja :)
  • ANNOSMILE
    avatar 2066
    ANNOSMILE #Kamis, 14 Jan 2010, 21:28 WIB
    wah ra jelas fotone :P
    di dalem gelap je!
  • PEIN
    avatar 2073
    PEIN #Jum'at, 15 Jan 2010, 08:12 WIB
    Kayaknya asyik,
    tapi ga suka masuk gua niy......
    Cuma ga suka masuk gua aja
    takut gelap? :D
  • OMIYAN
    avatar 2094
    OMIYAN #Senin, 18 Jan 2010, 13:35 WIB
    waahhhhh kebayang rasanya bisa nembus perut bumi nih ...hihih

    ada binatang apa aja mas didalemnya

    kok saya jadi teringat film tiu tuh beberapa perempuan ngelakuin ekspedisi ke sebuah goa akhirnya ketemua mahluk misterius

    heheheh salam
    Judul filmnya the Descent om. Di dalam sana ndak ada hewan apa-apa kok. Yang ada cuma gelap dan gelap. :)
  • RANYSTARRY
    avatar 2129
    RANYSTARRY #Senin, 25 Jan 2010, 16:59 WIB
    kata Goanya: akhirnya Subali datang kesini lagi, hehehe :p
    Dimana Subalinya? kamu?
  • RANYSTARRY
    avatar 2140
    RANYSTARRY #Kamis, 28 Jan 2010, 11:18 WIB
    aku kan ndak ke goa ituh..
    Subali ne nggeh panjenengan mbah Wijna (diajari mbak Emma :p)
    ikut2 mbak Emma pula...
  • AGATHA
    avatar 2144
    AGATHA #Kamis, 28 Jan 2010, 12:53 WIB
    aku dibilang penampakan... hiks... padahal kan sereman maw bung..
    Saya kan ndak terlihat sebab ndak dipotret Gat :D
  • WINA
    avatar 3030
    WINA #Senin, 26 Jul 2010, 11:12 WIB
    dulu waktu aku kesana gak boleh masuk, wah jadi pengen...
    lha kenapa ndak boleh masuk?
  • REAN
    avatar 3641
    REAN #Minggu, 30 Jan 2011, 00:03 WIB
    wah luput kang..!!
    pas aku kesana kog pintu goa dikunci rapat2 ya?
    apa bukanya cma pas hari liburkah?
    mungkin memang pas sedang dikunci sm juru kuncinya
  • KOMENTATOR
    avatar 4998
    KOMENTATOR #Sabtu, 19 Jan 2013, 17:28 WIB
    jadi inget upin ipin the movie yang masuk ke gua juga buat cari harta karun, hehe.
    Katanya di gua juga ada batu meteorit Kang.