Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Selasa, 15 Desember 2009, 23:30 WIB

Etika Berwisata Peninggalan Bersejarah

  1. Jangan buang sampah sembarangan!
  2. Jangan merusak peninggalan bersejarah! Kalau bisa batasi kontak fisik ke benda tersebut!
  3. Baca informasi sejarahnya. Kalau perlu difoto dan dibaca lagi di rumah.
  4. Patuhi peraturan yang berlaku!
  5. Jaga sikap dan sopan-santun!
  6. Jangan hanya foto-foto selfie thok!
  7. Kalau tempat wisatanya sudah ramai, jangan ke sana!

Lebih lanjut, silakan simak artikel ini.

Baru-baru ini media massa–khususnya yang beredar di kota Jogja–tak pernah absen menyajikan berita penemuan struktur candi di kampus Universitas Islam Indonesia (UII). Gara-gara berita itu aku juga kecipratan dampaknya. Sebab ada banyak Pembaca blog ini yang memintaku untuk mendatangi lokasi penemuan tersebut.

 

Berhubung akhir-akhir ini aku sibuk. Aku baru bisa ke sana pada hari ini, Selasa (15/12/2009). Padahal, penemuan candi itu dikabarkannya pada hari Sabtu (12/12/2009).

 

ekskavasi candi uii
nggak bisa lihat struktur candinya...hiks...

 

Kampus UII itu letaknya di Jl. Kaliurang km 14. Aku ke sana sore hari dengan naik sepeda (cukup 45 menit) bersama Yacob.

 

Nggak susah kok nyari lokasinya. Deket sama masjid kampus, di arah selatan. Dari luar pagar sudah berjejer motor yang diparkir. Di gerbang masuk proyek juga berjejalan manusia-manusia bin penasaran.

 

larangan masuk proyek pemugaran candi hindu di universitas islam indonesia, yogyakarta
Tandanya dilarang masuk.

Tapi setelah masuk ke dalam mereka semua (termasuk aku dan Yacob) kecewa berat! Soalnya nggak ada itu struktur candinya. Bukan sebab dipindahkan, namun karena tertutup tanah. Entah kenapa bisa gitu. Yang jelas kami nggak bisa lama-lama di sana, sebab Pak Satpam sudah mulai menutup gerbang proyek. Di luar gerbang pun tercantum larangan masuk bagi warga umum. Jadi ya, termasuk beruntung kami pas saat itu bisa masuk ke dalam.

 

Kita tunggu saja hasil penelitian awal para ahli arkeologi tentang candi ini. Namun kalau seandainya candi ini akhirnya dipugar, wah, keren sekali jadinya UII ini. Universitas Islam ini punya obyek pariwisata sejarah berlatar belakang agama Hindu/Buddha. Jarang-jarang kan ada kampus punya candi? Hehehe. Tapi mau mugar gimana, wong dana pemugaran aja terfokus ke Candi Prambanan kok.

 

Nantikan aja ya Pembaca perkembangan lanjut tentang candi kampus ini.


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • ARSEN
    avatar 1926
    ARSEN #Rabu, 16 Des 2009, 01:08 WIB
    mana candina??keliatan tanah tok..
    btw, aku ra diajak, hiks...

    oy, koq ga dicantumin jg kasus yg terjadi di jakal km 9 - 10 kui? hihihihi.../
    Kamu kan mau ke tempat si mbah Iyut kemarin tuh??? Piye toh? oooo yg Jl. Kaliurang itu tertutup buat umum :D
  • UDIENROY
    avatar 1927
    UDIENROY #Rabu, 16 Des 2009, 01:44 WIB
    wah komenku ilang maning hehe
    sampeyan blum komen disini je.
  • YACOB.IVAN
    avatar 1928
    YACOB.IVAN #Rabu, 16 Des 2009, 07:10 WIB
    Coba, kita kembali 3 minggu lagi.
    Ayo-ayo, kita kembali pas malam tahun baru aja :D
  • TURTLIX
    avatar 1929
    TURTLIX #Rabu, 16 Des 2009, 08:47 WIB
    Na...coba kamu buat pemetaan candi di sekitar kaki
    gunung Merapi, mungkin bisa dibuat polynomial
    kemungkinan candi-candi lainnya
    jiahhhh.......mumet ra kowe
    Halah, nek peta persebaran situs/benda cagar budaya se-DIY aku nduwe.
  • EM
    avatar 1930
    EM #Rabu, 16 Des 2009, 10:03 WIB
    Wis, kowe mbantuin jadi kuli angkut wae...yang ndak perlu pake lisensi dadi cah arkeo....p
    sebenernya kemarin tu aku kesana mau nyari kerjaan jadi tukang gali tanah eM :D
  • HARY ANTO
    avatar 1933
    HARY ANTO #Rabu, 16 Des 2009, 11:47 WIB
    wis, kok pak satpam meneh sing dadi goro2...!!!!
    Kayak e aku nyat ora jodoh karo satpam deh mas :p
  • MURWANI
    avatar 1936
    MURWANI #Rabu, 16 Des 2009, 14:45 WIB
    tapi di media massa kelihatan struktur candinya..
    wah kok nggak boleh dilihat tho ? apa melihat saja mengganggu ?he..he..........
    Ok.deh kita tunggu saja hasil nya.tapi makasih lho sudah ngowes ke sana.
    Iya Bu kelihatan kalau di koran, pas saya kesana lagi ndak beruntung :(
  • ADIPATI KADEMANGAN
    avatar 1937
    ADIPATI KADEMANGAN #Rabu, 16 Des 2009, 18:37 WIB
    Mungkin pelarangan itu ada benarnya, kalau ada penemuan yang heboh sudah pasti akan banyak orang ang berkerumun, tipikal orang Indonesia sekali. yang ditakutkan adalah bisa jadi ada situs-situs yang hilang akibat penjarahan yang tidak terduga dari pengunjung
    Betul-betul, kemarin aja pengunjung yang dateng berbondong-bondong. Kayak yang mo nonton film 2012 aja...
  • RAFAEL
    avatar 1938
    RAFAEL #Rabu, 16 Des 2009, 19:58 WIB
    Penemuan candi kali ini seperti yang sudah saya lihat sendiri di UII pada tgl 14/12/2009 masih terlihat struktur candi berupa pagar dan kemungkinan sudut atas candi.
    wah saya baru sempet kesana hari Selasa je
  • ZULHAQ
    avatar 1940
    ZULHAQ #Jum'at, 18 Des 2009, 12:57 WIB
    wuaaa, ada yah candi di kampus
    ntar kalo para ahli mengungkap sejarahnya, di tunggu deh posting lanjutannya :)
    keren toh? Semoga ada info perkembangan baru 2-3 minggu ke depan.
  • SUWUNG
    avatar 1943
    SUWUNG #Jum'at, 18 Des 2009, 14:53 WIB
    baru tau bos kalo disitu dulunya candi
    mestinya dulu pas mau bangun universitas, disana dikeruk dulu ya?
  • ZEE
    avatar 1947
    ZEE #Minggu, 20 Des 2009, 12:00 WIB
    Jangan2 di kampus2 lain jg banyak candi2 yg terkubur? Seandainya begitu, berarti peninggalan kekayaan budaya kita luar biasa ya.
    Mungkin saja Bu, atau ada benda-benda arkeologi lain mungkin. Mereka itu kan ibaratnya harta karun, menunggu untuk dtemukan.
  • DIAS
    avatar 1954
    DIAS #Minggu, 20 Des 2009, 21:30 WIB
    wao....

    untung aja ketemu...
    Semoga juga nemu yang lain-lain lagi :D
  • DITTA
    avatar 1958
    DITTA #Senin, 21 Des 2009, 12:05 WIB
    Sayang bgt ya ga jelas gitu. Candi Buddha ato Hindu jg blm tau ya? Update an terus yo. He..he
    Belum tahu je mbak, wong lagi diteliti.
  • OMIYAN
    avatar 1962
    OMIYAN #Senin, 21 Des 2009, 16:23 WIB
    Semoga aja semakin menambah hasanah budaya kita .. dan terpenting terawat..lanjut terus mas
    Nuwun mas
  • ERVAN
    avatar 1969
    ERVAN #Rabu, 23 Des 2009, 12:36 WIB
    yaaah.... jangan2 besok kalo mau kuliah harus bayar tiket masuk....!!!!!! hehe...
    nggak tahu ya Van, makin berat aja nanti wisata candi buat mahasiswa :D
  • ERVAN
    avatar 1970
    ERVAN #Rabu, 23 Des 2009, 12:38 WIB
    jangan2 besok kalo mau masuk kuliah harus bayar tiket masuk... wadooouh :p
    Sepertinya sih ndak, tapi lumayan toh ada obyek candi dalam kampus.
  • ALUL
    avatar 1971
    ALUL #Rabu, 23 Des 2009, 13:14 WIB
    Wahh...... Ntar Kalo semua Komp. UII candi..... Q kuliahe neng Di yo???????
    Kayaknya sih ndak semuanya bakal digali mas, kan ya mesti membebaskan lahan juga toh?
  • ALUL
    avatar 1972
    ALUL #Rabu, 23 Des 2009, 13:16 WIB
    Wahh... kalo beneran ini komplek perumahan candi neng UII gimana Kuliah Q.... hehehehe belum nyampe 1 semester kuliahnya,,, masa kena gusur?????
    Tenang saja, katanya candinya nggak akan menggusur bangunan lain kok.
  • ALUL
    avatar 1973
    ALUL #Rabu, 23 Des 2009, 13:18 WIB
    Semoga saja dapet penemuan terbaru... biar ortuku neng KAMPUNG BANGGA Anake kuliah neng UII....wawakakakakakakaakak!!!!!!!
    Kalau dirimu lulus dapat IP tinggi jelas makin bikin bangga orangtuamu Bro :D
  • DEVAS
    avatar 1975
    DEVAS #Kamis, 24 Des 2009, 22:36 WIB
    belum ke lokasi lagi ya om,perkembangannya jauh dari hasil pengamatan anda,sudah di temukan beberapa arca,kayak yoni dan ghanesa,ayo buru buru kembali kesana jangan ampe berita anda jadi lebih basi ketimbang berita yang lain
    Sekarang situs penggaliannya jadi lebih ketat penjagaannya je...
  • TUTI NONKA
    avatar 1988
    TUTI NONKA #Senin, 28 Des 2009, 09:39 WIB
    Aku sebagai pegawai UII bangga banget lho dikaruniai candi di dalam kampusku ... haha! Meskipun aku sendiri belum menengok langsung, dan hanya melihat fotonya dari koran. Sekarang candinya sudah kelihatan lho Na, ada patung Ganesha, ada lingga-yoni, ada ukiran-ukiran. Besok kalau sudah terbuka semua, diliput lagi ya. Candi kami (lho, kok candi kami sih? hehe ...) cukup bagus kok!
    Ya Bunda, tenang saja. Ini saya ndak bisa liput sebab disana dijaga ketat je.
  • RAFAEL
    avatar 2085
    RAFAEL #Sabtu, 16 Jan 2010, 09:59 WIB
    Sekarang ini di UII sudah ditemukan lagi candi perwara yang berisi arca nandi, yoni & lingga serta 2 buah padmasana dan sebuah sumur. Untuk bisa melihat proses penggalian hanya diijinkan pada jam istirahat sekitar jam 12 smp jam 1 siang saja.
    hohoho, terima kasih untuk informasinya :D
  • PECINTA CANDI
    avatar 2544
    PECINTA CANDI #Jum'at, 16 Apr 2010, 10:31 WIB
    kalo banyak candi di Jawa, nanti masyarakat terusir gara-gara kebanyakan candi sih !!!
    Sepertinya emang banyak candi di Jawa, hanya saja kebanyakan udah hancur
  • BAMBANG
    avatar 2709
    BAMBANG #Sabtu, 15 Mei 2010, 08:34 WIB
    semga dg ditemukannya patung ganesha..mewujudkan UII kampus
    pendididkan,,tempatnya sangat pas sejak jaman dahulu..bravo...
    malah menciptakan kultur pluralisme di UII toh? :D
  • NADILA ELA
    avatar 3153
    NADILA ELA #Selasa, 17 Ags 2010, 19:44 WIB
    wuih . kerenn . kampuss pake candii gt .
    pertama d dunia tuh kampus ad candii na .
    kpnn kampus kuu ad candii na juga yah?? hho
    saya belum kemari lagi sejak nulis artikel itu jew
  • NADILA ELA
    avatar 3154
    NADILA ELA #Selasa, 17 Ags 2010, 19:48 WIB
    eh.. add fb kuu yah..
    [email protected]
    hihihi
    weladala...