Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Senin, 9 November 2009, 21:13 WIB

Minggu siang (1/11/2009) pukul 13.00 itu aku lagi browsing internet. Pas ngecek e-mail, eh ternyata ada kiriman dari Emma, wanita perkakas dari Kulonprogo. Isi e-mailnya menarik, katanya di Kotagede ada Pengantin Genderuwo! Tepatnya Pengantin Genderuwo itu bakal muncul di kirab pembukaan acara Srawung Kampung Kotagede.

 

Emma ngasih tahu kalau acara kirab mulai pukul 14.00. Itu berarti 1 jam lagi donk! Weleh! Langsung aja diriku mandi dan tancap bersepeda ke Kotagede. Sebelumnya terima kasih ya eM buat infonya tapi kurang ajar tenan dirimu ngasih tahu diriku 1 jam sebelum acara mulai!

 

Srawung Kampung adalah rangkaian acara budaya yang diselenggarakan oleh warga Kampung Bumen, Kelurahan Purbayan, Kecamatan Kotagede, Yogyakarta. Ujung tanduk panitia adalah muda-mudi Kampung Bumen yang turut didukung oleh Yayasan Pondok Rakyat.

 

Acara ini digelar dari tanggal 1 hingga 21 November 2009, jadi belum telat kalau mau hadir. Rangkaian acaranya ada workshop boneka kain perca, workshop mengenali lingkngan hidup dari Green Map, pameran kreasi roti kembang waru, dan masih banyak lagi.

 

pengantin genderuwo di acara budaya srawung kampung kotagede, Yogyakarta di tahun 2009
Pengantin Genderuwo ini sekilas mirip ondel-ondel yah?

 

Ternyata eh ternyata, Pengantin Genderuwo itu cuma boneka yang diarak pas kirab pembukaan. Di lokasi aku sempat ngobrol sama Mbak Rini selaku perwakilan dari Yayasan Pondok Rakyat. Katanya Pengantin Genderuwo ini adalah budaya dari Kampung Bumen yang ingin diangkat kembali. Budaya ini populer di kisaran tahun 1950-an. Cukup menarik mengingat Kotagede corak Islamnya sangat kental dan tidak identik dengan hal-hal berbau mistis seperti ini.

 

Beberapa warga yang aku tanyai tidak tahu-menahu asal-usul dari Pengantin Genderuwo ini. Termasuk diantaranya ibu-ibu tua yang cukup sepuh. Eh, untungnya Gudeg.net mengupas sejarah dibalik Pengantin Genderuwo ini.

 

Jadi, ceritanya dulu tahun 1950-an warga Kampung Bumen ini kerap diganggu oleh Genderuwo. Mungkin ya pas malam pengantin, Genderuwo itu datang menyamar jadi mempelai pria dan ehem....pikirkan sendiri ya . Oleh sebab itu diadakan kirab yang bertujuan supaya Genderuwo itu tidak mengganggu manusia lagi. Tapi sejak tahun 1962, kirab ini nggak dilakukan lagi karena Kampung Bumen sudah terbebas dari Genderuwo.

 

ekspresi topeng pengantin genderuwo di acara budaya srawung kampung kotagede, Yogyakarta di tahun 2009

coro-coro punakawan di acara budaya srawung kampung kotagede, Yogyakarta di tahun 2009

cewek bule seksi pakai kebaya jogja tembus pandang di acara budaya srawung kampung kotagede, Yogyakarta di tahun 2009

anak kecil ikut memeriahkan acara budaya srawung kampung kotagede, Yogyakarta di tahun 2009

pria bertopeng memotret aksi genderuwo di acara budaya srawung kampung kotagede, Yogyakarta di tahun 2009

gerobak sampah dengan singa di acara budaya srawung kampung kotagede, Yogyakarta di tahun 2009

pemotongan tumpeng di acara budaya srawung kampung kotagede, Yogyakarta di tahun 2009
Beberapa jepretan di siang hari itu.

 

 

Pokoknya, diriku salut sama warga kampung Bumen dan Yayasan Pondok Rakyat yang sudah mengangkat kembali budaya yang hilang ini. Semoga kelak Kampung Bumen bisa jadi kampung wisata seperti yang dicita-citakan.

 

Apa Pembaca pernah lihat Genderuwo?


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • VINNA
    avatar 1731
    VINNA #Selasa, 10 Nov 2009, 00:26 WIB
    amit2 jabang bayi, jgn smpe liat makhluk itu.. dgr suara ketawa arca raksasa setinggi 3 meter aja dah bikin gw lemes, gmn klo ngeliat..
    Genderuwo ini ada di Kotagede dan bukan di dalem hutan mbak :D
  • EKA SITUMORANG-SIR
    avatar 1733
    EKA SITUMORANG-SIR #Selasa, 10 Nov 2009, 10:01 WIB
    Gak pernah liat and gak mau liat gendruwo!
    Btw keren ya acara kayak gini :)
    kamu beruntung tinggal di jogja, yg begini msh sering dilaksanakan plus ada waktu unyuk itu.
    Kalo gue, jiiiaaaaaaaah sedihnya kadang ada yg ngadain eeeh gue gak bs dtg krn jauhnya plus macetnya bs bikin spanneng :P
    Waktu sih ndak banyak mbak, cuma karena masih deket aja (< 15 km) saya bisa niatin buat dateng selama 2-3 jam.
  • ADIPATI KADEMANGAN
    avatar 1739
    ADIPATI KADEMANGAN #Selasa, 10 Nov 2009, 16:47 WIB
    Kegiatan seperti itu yang biasanya menarik wisatawan. Genderuwonya mana, turis kan jugaa pengen tahu ?
    Itu Genderuwonya ada di foto dibawah itu.
  • ZAM
    avatar 1740
    ZAM #Selasa, 10 Nov 2009, 17:38 WIB
    yg selalu kuingat ketika mendengar kota gede adalah warung SIDO SEMI dan es sarsaparilanya..
    Aku pnasaran sama SIDO SEMI!!!
  • BUKAN FACEBOOK
    avatar 1744
    BUKAN FACEBOOK #Rabu, 11 Nov 2009, 15:10 WIB
    maknyusss...keknya ini kawinan yang gak akan sayah datengin nih... :D
    lha padahal ada makan-makannya lho, walau berupa kembang dan air mawar :D
  • PEIN
    avatar 1746
    PEIN #Rabu, 11 Nov 2009, 16:19 WIB
    Ga minat liat genderuwo !!
    Hidupkan terus budaya Indonesiaaaaa !!
    Genderuwo itu kan budaya Indonesia toh?
  • VICKY
    avatar 1748
    VICKY #Rabu, 11 Nov 2009, 17:17 WIB
    Sebentar! Kalo malam itu yang dateng sebenarnya adalah genderuwo, penganten perempuannya lebih senang setruman yang mana, setrumannya genderuwo atau setruman penganten pria yang aseli?
    Mbak Vicky ini...setruman itu apa mbak? hehehe
  • EM
    avatar 1773
    EM #Selasa, 17 Nov 2009, 20:15 WIB
    Hiahehe, maaph bgt, yen mesejnya telat, lha takkiro wis taksent.
    Btw, hebat yo wong kulon progo nganti ngerti acara ning kotagedhe, plus jammè maneh :D
    Kowe pasti dikandani kancamu toh eM?
  • EM
    avatar 1796
    EM #Jum'at, 20 Nov 2009, 23:21 WIB
    Hoho, dr milis angkatan SMA, anak perencanaan wilayah yg ngasih tahu :D
    lha temen SMA mu itu ada disana ndak?
  • ZEE
    avatar 1816
    ZEE #Selasa, 24 Nov 2009, 12:33 WIB
    Tapi kenapa ada budaya begitu ya? Pengantin Genderuwo? Demit kok dibikin upacaranya ya? Apa mungkin ini salah satu bentuk upacara peringatan atas satu peristiwa yg telah lampau?
    Peristiwa yang lampau itu sebagai penangkal pengantin yang waktu menikah agar tidak disantroni genderuwo di malam pengantinnya.
  • TEGAR
    avatar 1842
    TEGAR #Senin, 30 Nov 2009, 16:05 WIB
    Ondel-ondel van Kotagede...
    Orang Jogja juga punya ondel-ondel :D
  • MUDA MUDI BUMEN
    avatar 1891
    MUDA MUDI BUMEN #Jum'at, 11 Des 2009, 15:39 WIB
    Terimakasih reviewnya mas.

    Dedi
    salam dari kami Muda-mudi Kampung Bumen.
    Sama-sama, maju terus ya pemuda-pemudi kampung Bumen buat mengangkat kembali budaya kalian. Kalau ada hajat lagi kabari yah! :D
  • GUS OENTOENX AL AFGHONI
    avatar 7956
    GUS OENTOENX AL AFGHONI #Senin, 20 Jul 2015, 14:17 WIB
    Makhluk yang selama ini sering aku lihat,dan bahkan menjadi
    temanku dari kecil sampai aku hampir nikah,,,,,
    GENDERUWO
    Wedalha serem amat Kang ... >.<
  • INGGIT E
    avatar 9347
    INGGIT E #Kamis, 17 Mar 2016, 06:04 WIB
    Wah ini menarik sekali ya mas, memang sayang kalau budaya seperti ini hilang...Salut
    sama warga kampung Bumen.
  • KHOLIS
    avatar 9371
    KHOLIS #Senin, 21 Mar 2016, 07:09 WIB
    serem euyyy, gile kali kalo nongol beneran
  • VINZ
    avatar 9598
    VINZ #Rabu, 20 Apr 2016, 20:27 WIB
    biasanya turis tuh yg demen kayak ginian,, mreka liatnya mah nggak serem. orang gak tau
    gendruwo, taunya walking dead.. :v
  • ALAN
    avatar 9641
    ALAN #Senin, 2 Mei 2016, 06:10 WIB
    liat gambarnya sekilas ak pikir td kayak upacara adat bekakak :D
  • ENDANGERMANTO
    avatar 9672
    ENDANGERMANTO #Selasa, 10 Mei 2016, 20:33 WIB
    Aamiin, Semoga makin banyak kota-kota yang meniru jejek kotagede
  • PENJUAL GENSET
    avatar 9673
    PENJUAL GENSET #Selasa, 10 Mei 2016, 20:34 WIB
    Semoga kotagede semakin maju
  • HERY
    avatar 10667
    HERY #Selasa, 28 Feb 2017, 14:13 WIB
    keren mas.... makasih mengingatkan ku dengan joigjakarta
  • SUOMAN
    avatar 10676
    SUOMAN #Kamis, 2 Mar 2017, 14:10 WIB
    genderuwo itu apa ya mas?