Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Jum'at, 23 Oktober 2009, 07:03 WIB

Gunungkidul itu salah satu kabupaten di Yogyakarta, terkenal dengan bukit-bukit kapurnya dan alamnya yang kering-kerontang. Melihat yang seperti itu mungkin kita bakal berpikir, ”Kok bisa ya masyarakat disini hidup? Makan apa mereka?”.

 

Diriku menjawab, ”Makan belalang!”.

 

buku panduan memasak belalang goreng khas gunungkidul dan wonogiri
Pernah dijual di Amazon.com tapi cuma diriku yang punya!

Ini bukan lelucon karena memang benar kalau sebagian warga Gunungkidul khususnya yang berada di pedesaan kerap mengonsumsi belalang. Buktinya, ada banyak warga yang menjajakan belalang di tepi-tepi jalan. Belalang yang diriku maksud itu berasal dari famili Acrididae yang bernama asing Locust.

 

Nah, hari Sabtu (17/10/2009) sewaktu diriku melintasi Gunungkidul bersama Yuda, kami sempat membeli belalang. Harganya amit-amit mahalnya! Pertama ditawarkan Rp20.000 untuk satu renteng yang isinya lebih dari 50 belalang. Untung Yuda mahir menawar, jadilah itu kami diberi harga Rp10.000.

 

Kami berdua memang penasaran; seperti apa sih rasanya belalang? Untuk itu kita mencoba memasak ini serangga. TKP-nya di dapur seorang kawan di Pacitan (jauh kali!) dengan jam beraksi tengah malam (udah kayak maling!). Resep yang paling mudah itu katanya digoreng renyah. Berbekal buku ”Fried Locust for Dummies” seperti inilah langkah-langkahnya:

 

  1. Cuci bersih belalangnya. Terserah kalau mau pakai sabun, asal jangan pakai deterjen aja.
  2. Uleg halus bumbunya. Sederhana aja; bawang putih, bawang merah, dan garam. Boleh juga dikasih penyedap rasa.
  3. Rendam belalang dengan bumbu selama 15 menit biar meresap. Habis itu digoreng deh. Awas gosong karena warna belalang ini langsung berubah jadi coklat.

 

Langkah-langkah memasak belalang goreng renyah tidak bau
Hanya diriku seorang yang berani mencuci, mengulek bumbu, dan menggoreng ini belalang. Hiks...

 

Selesai deh. Cara menyantapnya gimana? Repot amat! Langsung aja masukin ke mulut. Rasanya? Kalau kata Yuda gosong. Setelah dikunyah lama, rasanya...hmmm...mirip udang! Serius! Ini udang! Eh belalang maksudku! Tapi kalau mata ditutup pasti awalnya nyangka ini udang! Tapi seenak-enak makanan, paling terasa enaknya kalau dimakan dengan bumbu kasih-sayang....(hueks-cuih!)

 

Kalau ditanya belalang halal atau haram, JELAS HALAL DUNK! Aneh ya, ada serangga bisa dimakan. Tapi ya inilah kuliner budaya bangsa kita dan mungkin juga bukti kalau warga Gunungkidul kesulitan untuk mengonsumsi daging hewan. Ternyata bisa lho hidup makan belalang!

 

Cara memakan belalang goreng pertama kali supaya tidak jijik dan jorok
...

Apa pembaca juga pernah senang menyantap udang belalang goreng?


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • FROZZY
    avatar 1608
    FROZZY #Jum'at, 23 Okt 2009, 09:18 WIB
    Yikes....iyuhhhhhhh.....ga deh,...
    sebegitunya kah?
  • SAMSUL ARIFIN
    avatar 1609
    SAMSUL ARIFIN #Jum'at, 23 Okt 2009, 10:36 WIB
    akhirnya bisa melihat wajah si yudha. kangen...
    kamu ndak pernah mampir kosnya sih
  • NUR
    avatar 1610
    NUR #Jum'at, 23 Okt 2009, 11:24 WIB
    ndak tega liatnya...
    ndak tega liat belalang dimakan saya atao saya makan belalang?
  • EKA SITUMORANG -SIR
    avatar 1611
    EKA SITUMORANG -SIR #Jum'at, 23 Okt 2009, 11:35 WIB
    Haiiiiiiiiih

    Ogah wij!

    nggiloni tau
    Mbak Eka belum nyobain sih, ntar juga ketagihan :D
  • TITIS_P
    avatar 1612
    TITIS_P #Jum'at, 23 Okt 2009, 11:53 WIB
    wah..hanya dirimu yg berani maw...???
    krna dirimu emang kejam seh, kasian bgt tu belalang, hidupny berakhir di tangan mu...
    dosa apa....tu belalang ya??? ckckck....

    dr foto di atas, terbukti bahwa mawi hanya tergoda oleh lelaki... liat aja tu, mesra bgt suap2an nya...wkwkwk.....
    (ini tidak berlaku untuk mas yuda, coz kurasa, mas yuda hanya korban nya mawi,hehehe....:P)
    lha? kok aku kejam? emang itu yang menyembelih sapi, ayam, dan kambing ndak terhitung kejam po?

    Eh, kalau kamu cemburu lihat foto itu bilang aja adek kecil..he3
  • EKA
    avatar 1614
    EKA #Jum'at, 23 Okt 2009, 13:40 WIB
    Waah..mau nyobain saya..
    sini belikan saya belalangnya, ntar saya masakin Ka :D
  • FIAH...
    avatar 1615
    FIAH... #Jum'at, 23 Okt 2009, 16:37 WIB
    mas...pesan belalang goreng 1 porsi ya...meja 3....!!!
    mejanya cuma sampai 2 aja e mbak, yang no 3 ada di luar warung ya? tunggu ya...
  • RANYSTARRY
    avatar 1616
    RANYSTARRY #Jum'at, 23 Okt 2009, 17:50 WIB
    bukunya, nampaknya boongan deh :p
    seperti..
    editan pake photoshop..
    habis uts kayaknya aku disuruh bikin app mirip photoshop deh mas..
    buwatin mas wijna..!!
    emang ada yang percaya kalau buku itu beneran???

    Kupikir dirimu mau nyuruh aq buat belalang goreng, dah ahli lho aku!
  • IYUT
    avatar 1617
    IYUT #Sabtu, 24 Okt 2009, 01:00 WIB
    pancen ueeenaakkk...
    aku percaya mbah kui panganan kesukaanmu pas jamanmu muda, :D
  • RANYSTARRY
    avatar 1618
    RANYSTARRY #Sabtu, 24 Okt 2009, 15:51 WIB
    mauuu...
    buwatin... :p
    kirim ya, aku kan belum pernah terima paket darimu :)
    wah, klo dipaket bisa basi nanti
  • ZAM
    avatar 1620
    ZAM #Minggu, 25 Okt 2009, 10:49 WIB
    yang enak itu bagian abdomen-nya. bagian torso hingga kepala itu agak-agak pait. gak enak.

    dam kampretnya, kandungan proteinnya setauku lebih tinggi dari udang, sehingga yang alergi udang, akan lebih tersiksa lagi kalo makan ini..

    dan kampretnya, aku termasuk yang alergi udang. pernah makan itu di suatu angkringan dan sukses gatel-gatel!!
    Yen aku tak pangan kabeh tetep enak kok kang. Waaah, dirimu membuka kartu kelemahanmu ni, hmmmmm....
  • YACOB.IVAN
    avatar 1622
    YACOB.IVAN #Minggu, 25 Okt 2009, 15:45 WIB
    Aku juga pernah makan belalang...
    waktu aku pergi ke pantai Siyung, Kab. Gunungkidul...
    Betul sekali, rasanya "udang" banget....
    Dibanding udang yang mahal kalau gitu mending kita makan belalang aja :D
  • YOES MENOEZ
    avatar 1625
    YOES MENOEZ #Senin, 26 Okt 2009, 15:52 WIB
    Sering sih lht liputan ttg itu di tipi...
    Pernah sih dibawain tukang yg bangun rmhku hbs gempa kmrn (mrk dr Wonosari, Gunung Kidul)...
    Tapi...kok blm tertarik buat nyoba ya...?
    Mgkn stlh bc tlsnmu ini ya, apalagi kl dianterin sampe rmh belalang gorengnya, he he...
    Sepertinya kalau mbak Yoes mau ngicip juga perlu bekal selendang buat tutup mata nih.
  • ZEFKA
    avatar 1627
    ZEFKA #Selasa, 27 Okt 2009, 02:58 WIB
    sy pernah jg lho mas, waktu itu dibawain teman kost yg dari Semanu, Gunung Kidul. Rasanya hampir kayak goreng udang, renyah, gurih, kemripik, padahall cuma dikasih bumbu bawang putih ma garam.
    Emang enak kok, rasanya udang banget toh?
  • COMENX
    avatar 1633
    COMENX #Selasa, 27 Okt 2009, 15:16 WIB
    hahaha..
    gada yang ngalahin, masakan tetanggaku nek masalah belalang..
    jenenge belalang bacemm..
    rasane kaya kawin tenan..:D
    Belalang dibacem??? Ckckckck...apa pula itu Menk???
  • GANDI WIBOWO
    avatar 1658
    GANDI WIBOWO #Sabtu, 31 Okt 2009, 02:30 WIB
    Wakakakaka Gw kira cuma Gw doang yg suka makan belalang....

    Belalang enaknya kalo di bakar aka. panggang.. harummm
    Belalang panggang??? Menu apa lagi itu?
  • JUST-EUPHORIA
    avatar 1751
    JUST-EUPHORIA #Kamis, 12 Nov 2009, 16:17 WIB
    iya... gw pernah makan ....
    enak sih... kayak udang...
    orang Gunung Kidul sebutnya.. udang gunung..
    hehehe..
    tapi2 hati2 buat yang alergi udang... :P
    bisa kambuh...
    hehehe
    Proteinnya memang tinggi, tapi kalau mau murah merasakan udang ya makanlah belalang, hehehe
  • KAKULIDA
    avatar 1789
    KAKULIDA #Jum'at, 20 Nov 2009, 10:08 WIB
    hahaha..jadi inget pas blusukan jajah pantai selatan gunungkidul. Kami, juga beli 3 renteng belalang karena penasaran, terus malem2 pas nginep di tepi pantai, nasib belalang itu di bakar, plus balok bakar (singkong), ruasanee..hmmmhh..
    kapan lagi ya bisa makan belalang di pinggir pantai? wekekekeke
  • KRISMARIANA
    avatar 1841
    KRISMARIANA #Senin, 30 Nov 2009, 11:40 WIB
    belalang goreng? wah enak banget tuh! paling suka kalau dimakan dg nasi anget. enaaak banget!
    kalau gitu tinggal cari ramuan sambal yang pas :D
  • IMA SAFITRI
    avatar 2178
    IMA SAFITRI #Rabu, 3 Feb 2010, 16:05 WIB
    wooww... belalang goreng tuh nikmat banget lhoo... walau pun aku dulu waktu pertama makan pernah alergi.. bentol semua seluruh badan gara2 makan belalang goreng. tapi tuh buat ku jera or kapok tuk tetep suka ma belalang goreng.... yumy.. yumy..yumy... klo temen2 dapat belalang dari beli.. kalo aku nyari sendiri.. pengalaman yang seru abizzz.... cerita nya.. di kampung halaman ku dulu, ada tetangga yang nanam pohon jeruk di ladang yang lumayan luas... lha tuh kebun jeruk di serang ma belalang yang guede2... waaawww... aku yang waktu itu masih umur 16'an tahun... langsung ikut az waktu di ajak berburu belalang... nyari belalangnya gk siang hari.. tapi malam hari.. kalo siang hari belalangnya mudah terbang kalo kita tangkap.. beda kalo kita nyari nya malam hari.. mungkin belalang nya lagi asyik tidur yah.. jadi sekali hhuupppzz... ketangkep deh tuh belalang.... dapat buuuuaaannyyaaakkkkkk...... wwaahhhh..... seru.. asyikkk... hasilnya nikmat,,, yah berburu belalang itu... untungnya setelah beberapa kali makan belalang aku sudah kebal,, gak alergi dan bentol2 lagi... jadi dapat makan belalang goreng sepuasnya...
    sayangnya.... tuh dah 10 tahun lebih yang lalu.... dan sekarang aku pindah kota ikut suami.. jadi udah gak pernah makan belalang lagi.... jadi kangggeeeeennnnn ma belalang goreng.....
    hahaha, belalang juga membawa pengalaman seru yah? Jadi pingin tau rasanya berburu belalang nih.
  • LUCARIO
    avatar 2502
    LUCARIO #Selasa, 6 Apr 2010, 18:05 WIB
    kayaknya belalang goreng enak juga tuh jadi ngiler gw
    hati2 bikin kotor ilernya :)
  • TIAN NURYANTO
    avatar 3914
    TIAN NURYANTO #Kamis, 26 Mei 2011, 13:40 WIB
    dulu saya ditantang temen makan belalang goreng 1 piring,krna saya belum
    pernah coba saya makan semuanya dan hasilnya seluruh badan saya
    gatal2...kapok deh...
    memang berbahaya mas untuk yang alergi, soalnya kadar proteinnya tinggi.
  • HOLID
    avatar 4543
    HOLID #Sabtu, 14 Apr 2012, 08:05 WIB
    nggaklah berdosa sama kayak udang kalo kita ambil masak kan nggak berdosa
    hahaha iya, rasanya mirip banget dengan udang pula :D
  • DADI
    avatar 4620
    DADI #Selasa, 22 Mei 2012, 14:56 WIB
    pengen nyobain,kmren ke gunung kidul gak nemu tkg belalangnya
    sepertinya banyak yg jual kalau musim kemarau Kang
  • TJAPWALANG
    avatar 4843
    TJAPWALANG #Selasa, 16 Okt 2012, 05:12 WIB
    emang belalang bahan bakunya mahal mas, nangkepnya aja satu satu... coba serenteng bisa berapa jam berburunya? xixixixi...

    mampir ya: Http://belelang-goreng.blogspot.com
    sip deh! saya berniat pesan dan udah kirim e-mail lho!
  • ZEDEEN
    avatar 4844
    ZEDEEN #Selasa, 16 Okt 2012, 06:09 WIB
    waaaaawww.....blognya kereeeeeeennnnn....
    salam kenal mas brroooo
    matuur nuwuuun! :D salam kenal juga dari sayaa!
  • MEI THERESIA
    avatar 5202
    MEI THERESIA #Sabtu, 6 Apr 2013, 21:11 WIB
    Pensran deh mkan nya..
    Iihh
    Tapi geli2 gt rsnya
    HohohO
    tpi kpan yah??
    Habis gunungkidul jauh sih sma medan
    Wkwkwk
    apa belalangnya mau dipaketkan terus dikirim ke Medan? :D
  • FANNY FRISTHIKA NILA
    avatar 6670
    FANNY FRISTHIKA NILA #Minggu, 9 Nov 2014, 11:51 WIB
    ini nih....yg aku penasaran pgn cobaaaa ^o^..kan kantorku baru balik outing dr yogya ma... nah kita sempet k gunung kidul tuh... tur guide nya udh jlasin kalo masy gunkid makannya belalang ama daun singkong ato bunga pepaya gitu...lupa aku...yg keinget cuma belalangnya aja... udh berharap bgt ntr mkn siang kita makan di warung ato RM yg mnjual belalang..

    tapi yg ada malah makan di RM niela resto yg rasanya udahlah... -_-... belum aku review aja di blog... jd ampe skr blm kesampaain nyobain belalang...

    eh btw, itu belalang dijual masih hidup?
    Belalang biasanya dijualnya di pinggir jalan mbak dalam kondisi dead alias mati. Kalau jadi menu di rumah makan ya jarang. Kecuali dirimu bawa belalangnya dan pihak rumah makan mau masakin. Padahal ya bumbunya cuma garem dan bawang putih doang.

    Kalau Niela Resto itu kan semacam restoran buat tempat berhenti bus-bus pariwisata gitu kan mbak?
  • FITRIA
    avatar 9098
    FITRIA #Sabtu, 16 Jan 2016, 21:51 WIB
    wah aku penelitian belalang dikampusku, beli belalang setengah idup di pinggir jalan
    paliyan, gunung kidul, kemudian dimasak buat diambil datanya. tapi kok bersiihiinya ga
    tega ya kasian banget :( kepala nya ditusuk2 ditarik ktorannya kaya ikan, udah tuh
    sekarat dia masih idup jalan-jalan, terus akhirnya disiram air panas masih gerak-gerak
    sampai akhirnya bener2 mati. barlah di goreng,..huhuhu kasihan, aku ga tega makannya
    liat dia idup lucu gitu :(
    Lha bukannya belalang itu pusat sarafnya nggak di kepala ya? Jadi, kalau mau membunuh belalang itu bagian belakangnya direndam air. Emang sadis sih...
  • SITI ANISA PUTRI SYALWA
    avatar 9361
    SITI ANISA PUTRI SYALWA #Sabtu, 19 Mar 2016, 11:12 WIB
    Tolong kasih kalau gk tau ketangerang kalau
    gk di belakang kali cisadane
  • MAYA ANGGRAINI
    avatar 9362
    MAYA ANGGRAINI #Sabtu, 19 Mar 2016, 11:22 WIB
    Ada ada aja ihhhhh makan belalang lagian
    juga takut dosa. Oh ya kan belalang itu hewan
    serangga kalau dimakan mabok.ada temen
    aku dia makan belalang masuk rumah sakit
    karena dia mabok katanya sih rasanya enak
    kata dia anggap aja makan kerupuk
    disambelin rasanya kriuk kriuk.,tapi malah jadi
    mabok
    Ih beranian banget sih .lagian juga kan harus
    jaga kesehatan :p
  • NURHAVIS DWI AKBAR
    avatar 9522
    NURHAVIS DWI AKBAR #Kamis, 7 Apr 2016, 21:16 WIB
    Udang blalang goreng pling enak klok
    makan sambil ML brow