Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Jum'at, 24 April 2009, 18:38 WIB

Eh, jangan salah ya! Kota Jogja ini nggak cuma terkenal dengan predikat kota gudeg saja lho! Oleh karena semasa zaman perjuangan kemerdekaan dahulu Kota Jogja juga pernah disinggahi oleh wong londo, salah satu kuliner mereka itu ada yang terbawa ikut meramaikan khazanah kuliner kota Jogja.

 

Kuliner yang aku maksud ini jelas sudah nggak asing lagi buat Pembaca. Anak kecil saja doyan, apalagi yang sudah gede . Rasanya manis-asem-dingin dan diberi nama es krim.

 

Suasana kafe es krim Tip-Top Yogyakarta di Jl. Mangkubumi pada tahun 2009
Rame-rame makan es krim old school.

 

Es Krim Tip-Top namanya. Es krim ini satu kelas dengan es krim Ragusa (Jakarta), PT. Rasa (Bandung), dan Zangrandi (Surabaya). Dari nama-nama produsen es krim yang aku sebutkan itu, jelas sudah kalau es krim Tip-Top ini tergolong ke dalam kategori es krim old school alias tempoe doeloe.

 

Menurut sumber di internet, es krim Tip-Top ini sudah ada semenjak tahun 1936. Hingga saat ini, proses pembuatan es krim Tip-Top masih menggunakan cara yang digunakan sejak pertama kali berdiri, yakni menggunakan cara tradisional ala Italia. Salah satu yang membuat unik dari pembuatan es krim secara tradisional ini adalah tidak memakai pengawet dan gulanya pun gula asli.

 


 

Di hari Selasa malam (21/4/2009), untuk yang pertama kalinya aku nongkrong di kedai es krim Tip-Top. Lha kok dibesar-besarkan begini? Ya soalnya kedai es krim Tip-Top ini dueeekat banget sama rumahku, yakni di Jl. Mangkubumi no. 24 yang diapit sama Bank Permata dan dealer Suzuki (sampai hapal di luar kepala ).

 

Kalau dipikir-pikir, sehari-hari aku pasti lewat di depan kedai es krim Tip-Top ini. Lha wong kalau aku pulang ke rumah kan aku ya (hampir selalu) lewat Jl. Mangkubumi. Tapi kok ya baru sekali ini ya mampir ke mari? Telat banget! Hahaha.

 

Daftar es krim Tip-Top Yogyakarta di Jl. Mangkubumi pada tahun 2009
Es krim - es krim yang menjadi santapan kami.

 

Aku nongkrong di kedai es krim Tip-Top ini bukan tanpa sebab, karena di malam hari itu aku sama Andreas menemani Mbak Vinna dan Mas Aan yang kebetulan sedang berkunjung ke kota Jogja.

 

Kesan pertama yang muncul ketika pertama kali menjejakkan kaki di kedai es krim Tip-Top ini adalah tata ruangnya yang khas tahun 60-an (eh, apa tahun 70-an ya?). Daftar menunya pun unik karena dibingkai. Alhasil, jadi serasa menonton lukisan, hahaha .

 

Nah, untuk mengobati rasa penasaran dan dahaga, menu Tutty-Frutty, Kopyor Sundae, Chocolate Sundae, dan TIP-TOP kami pilih untuk disantap. Khusus untuk menu Kopyor Sundae yang menjadi pilihanku, menyantapnya memang membangkitkan kenangan es krim masa lampau. Es krimnya berasa kopyor ditambah dengan potongan kecil kelapa kopyor dan disiram dengan kuah cokelat.

 

Buat Mbak Vinna yang emang doyan banget es krim jadul, nggak heran kalau es krim Tip-Top ini diberinya skor skor 55.

 


 

Di siang hari, kedai es krim Tip-Top ini sering terlihat sepi pengunjung. Tapi katanya, lain cerita kalau sudah menginjak waktu malam. Apalagi di hari Sabtu atau saat musim liburan.

 

Dengan harga es krim yang dibanderol Rp8.000 hingga Rp29.500 per porsi, agaknya es krim Tip-Top ini kurang terjangkau buat kantong mahasiswa yang super-hemat. Meski demikian, es krim Tip-Top ini masih memiliki penggemar fanatik. Khususnya bagi para generasi tua yang melewatkan masa-masa belia mereka sebelum hadirnya es krim pabrikan yang kini merajai minimarket, supermarket, dan toko-toko kelontong.

 

Satu lagi, kalau Pembaca hendak singgah di kedai es krim Tip-Top, jangan kecele kalau kedainya tutup. Sebab, kedai es krim Tip-Top menerapkan ”jam istirahat siang” alias siesta. Maka dari itu, harap berkunjung di saat jam buka kedai es krim Tip-Top yaitu pukul 09.30-13.30 dan 17.00-21.30 WIB. Di hari minggu, kedai es krim Tip-Top tutup. Kalau mau menelpon dulu, hubungi saja (0274) 563682.

 

Hehehe
Mbak Vinna trims ya buat traktirannya! Jangan sakit hati yah sama koalisi orang-orang Jogja yang topik humornya sulit Mbak cerna. Tapi kemarin itu pas kita disana, heboh banget loh ketawa-ketawanya, hehehe.

NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • VINNA
    avatar 342
    VINNA #Jum'at, 24 Apr 2009, 20:27 WIB
    iya, sama2.. ga sakit hati koq, mlh seneng bgt dah dtemenin ma lo & Andreas.. thx yaaa.. :D
    huehehehe...
  • VINNA
    avatar 343
    VINNA #Jum'at, 24 Apr 2009, 20:31 WIB
    eniwei, gw bru ngeh klo ada kata yg aneh.. diberandol tu apa y? xixixi.. :P
    diberandol tu dihargai bukan? ntar, cek dulu di KBBI...
  • VINNA
    avatar 344
    VINNA #Jum'at, 24 Apr 2009, 21:20 WIB
    hmmm.. dibandrol kali ga? :D
    nah itu dia!!!
  • ZAM
    avatar 345
    ZAM #Minggu, 26 Apr 2009, 13:35 WIB
    pernah ke sana dan misuh-misuh karena harga esnya yang mahal!! hwakakaka.. tapi emang enak itu esnya..
    Saya sih dari dulu ngincer yang namanya es kopyor, tapi baru disini ini ketemu es yg bener-bener berasa kopyor. Sayang harganya bikin pembuluh dompet bocor, he3.
  • HIKARI
    avatar 350
    HIKARI #Senin, 27 Apr 2009, 07:16 WIB
    Wah, nasib awalnya kita sama. Aku juga belum pernah ke Ragusa meski Pasar Baru hanya berjarak kalo-mau-jalan-kaki-juga-nyampe dari kantor. Cuma nasib akhirnya beda karena aku masih belum juga kesampaian nyicipin si ragusa... T_______T
    Biasanya aku ke Pasar Baru tu cuma ke toko kamera. Tapi males juga kesana soalnya parkirnya repot. Sooo...tolong beliin satu es krim Ragusa and dikirim ke alamat di Jogja ya Hikari. He3, thank you.
  • BAGAS
    avatar 382
    BAGAS #Kamis, 30 Apr 2009, 07:53 WIB
    wes..thanks buat info working hoursnya.. gw kesana tutup mulu! haha
    Gas, klo lu kesana gw pesenin satu ya, anter ke rumah gw, he3.
  • EKA SITUMORANG - SIR
    avatar 527
    EKA SITUMORANG - SIR #Rabu, 20 Mei 2009, 16:54 WIB
    weleeeh baca postingan in plus liat potonya bikin ngiler !
    mana jakarta lg panas
    heeem ngacir ke hagaan daaz dulu dech
    Haagen Dasz??? Itu mahal sekali harga es-krim satu cup kecilnya. Bener-bener es-krim ningrat, padahal sama-sama dingin, manis, dan bisa meleleh.
  • SOUNDTRACK RAGNAROK
    avatar 8726
    SOUNDTRACK RAGNAROK #Jum'at, 27 Nov 2015, 11:13 WIB
    wah aku jadi ingin mampir ke jogja mbak nyobain tip top kayanya enak gitu
    Yo reneo ng Jogja