Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Sabtu, 28 Februari 2009, 21:40 WIB

Etika Berwisata Peninggalan Bersejarah

  1. Jangan buang sampah sembarangan!
  2. Jangan merusak peninggalan bersejarah! Kalau bisa batasi kontak fisik ke benda tersebut!
  3. Baca informasi sejarahnya. Kalau perlu difoto dan dibaca lagi di rumah.
  4. Patuhi peraturan yang berlaku!
  5. Jaga sikap dan sopan-santun!
  6. Jangan hanya foto-foto selfie thok!
  7. Kalau tempat wisatanya sudah ramai, jangan ke sana!

Lebih lanjut, silakan simak artikel ini.

Sebetulnya aku nggak mau menerbitkan artikel ini. Karena kalau artikel ini diterbitkan, berarti aku kehabisan bahan tentang candi, gyahahaha.

 

Tapi untuk menuh-menuhin daftar situs purbakala yang pernah aku kunjungi ya apa boleh buat. Aku terbitkan saja lah artikel ini. Ya semoga berkenan lah ya untuk Pembaca semua.

 

Hamparan Batu Candi di Dawangsari

Dawangsari adalah nama suatu dusun yang terletak di Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Untuk bisa mencapai Dusun Dawangsari adalah dengan melalui jalan menuju Candi Barong. Letak Situs Dawangsari sendiri tidak jauh dari Candi Barong, sekitar 200 meter di arah utara.

 

Papan peringatan Situs Dawangsari ini sudah menghitam. Tapi untungnya kayunya nggak lapuk. Yah, semoga segera diganti deh.

 

Foto Papan Peringatan di Situs Dawangsari, Sambirejo, Prambanan, pada bulan Februari 2009
Papan peringatan yang kondisinya mengenaskan.

 

Apa yang ada di Situs Dawangsari ini hanya berupa batu-batu candi yang berserakan di mana-mana. Kenapa bisa berserakan seperti ini aku ya juga kurang tahu. Aku pertama kali ke sini dulu di tahun 2007 dan kondisinya nggak jauh berbeda dengan di tahun 2009 ini. Dugaannya sih Situs Dawangsari ini berumur sama dengan Candi Barong, yaitu dibangun sekitar abad ke-9 masehi.

 

Hasil observasi di kawasan Situs Dawangsari nggak terlalu membuahkan hasil yang menarik. Aku nggak menemukan batu candi berelief, lingga-yoni, apalagi arca. Satu-satunya yang menurutku menarik hanya batu berbentuk mirip tegel yang coraknya belum pernah aku lihat di candi-candi lain yang pernah aku kunjungi.

 

Foto Batu dengan corak tegel, belum pernah tahu di Situs Dawangsari, Sambirejo, Prambanan, pada bulan Februari 2009
Batu dengan corak ini, belum pernah tahu.

 

Menurut Wikipedia Jawa, di Situs Dawangsari ini pernah ditemukan arca Ganesha. Tapi dengan demikian belum pasti juga apakah Situs Dawangsari ini merupakan peninggalan Hindu. Itu karena di wilayah Situs Dawangsari ini aku menemukan batu-batu candi yang disusun melingkar dan seperti membentuk dasar dari stupa.

 

Foto Batu-batu yang disusun membentuk lingkaran di Situs Dawangsari, Sambirejo, Prambanan, pada bulan Februari 2009
Batu-batu yang disusun membentuk lingkaran.

 

Di wilayah lain ada batu-batu candi yang disusun membentuk pagar. Sayangnya, kesemua susunan ini tidak lagi utuh. Jadi susah menyimpulkan apa sebenarnya gerangan Situs Dawangsari ini. Tapi yang patut disyukuri, batu-batu Situs Dawangsari ini masih terlihat ada, berserakan, dan tidak diambil warga untuk dijual ataupun digunakan sebagai pondasi rumah.

 

Foto Kelompok batu yang membentuk semacam pagar di Situs Dawangsari, Sambirejo, Prambanan, pada bulan Februari 2009
Kelompok batu yang membentuk semacam struktur persegi.

 

Kalau Pembaca berkunjung ke Candi Barong, sempatkan mampir di Situs Dawangsari ya!


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • PEIN
    avatar 223
    PEIN #Senin, 2 Mar 2009, 07:00 WIB
    Hee?! Kehabisan artikel candi ? Sorry, commentnya rada - rada 'tlat. Btew, harus hijrah ke Jatim dunk [ ngomong - ngomong di Bandung Jawa barat ada Candi Bojongmenje yang letaknya ga jauh - jauh amat dari pusat kota ].
    Bojongmene itu tinggal reruntuhan doangk, deket kuburan lagi, beh!
  • VINNA
    avatar 267
    VINNA #Minggu, 22 Mar 2009, 17:59 WIB
    Kehabisan bahan candi? Dah pnah berburu candi di Karawang? Curcol dikit ya.. Kemarin aku hunting Situs Cibuaya, setelah 2.5 jam perjalanan dr Jakarta, muter2 jln setapak sawah akhirnya nemu situsnya yg b'nama Lemah Duhur Lanang yg (cuma) berupa bukit batu bata & lingga yg dibungkus kain putih. Klo Situs Batujaya msh lbh lengkap krn msh ada bangunan yg msh berbentuk candi yaitu Candi Jiwa & Candi Blandongan (sdg dalam proses penyusunan kembali). Salam candi.. :D
    Karawang? Jawa Barat? Wah, sepertinya seru. Dekat nggak ya dari rumah di Bandung? Ya kapan-kapan tak coba cek kesana. Trims buat infonya yah!
  • EEM
    avatar 1067
    EEM #Selasa, 28 Jul 2009, 00:49 WIB
    fotoku yg di candi ini, kemana ya...
    yang mana? yang pas survei upgrading itu kah?
  • WISNU
    avatar 1340
    WISNU #Senin, 7 Sep 2009, 11:55 WIB
    Di Dusun Dawangsari emang ada Situs Patung Ganesha (letaknya tidak jauh dari Situs Dawangsari). Situsnya masih ada, tapi jalan ke sana sudah tertutup semak belukar. Patung Ganesha setinggi 3 meteran kurang lebih. Kondisi sangat tidak terawat dan terlihat sangat jarang dirambah manusia. Pintu pagar ada tapi berkarat plus gemboknya. aku kesana akhir 2008 lalu
    Patokan arahnya yang jelas kemana ya mas? Soalnya dulu pernah tanya-tanya warga tapi ndak tau.
  • EMERITA
    avatar 1561
    EMERITA #Jum'at, 16 Okt 2009, 23:32 WIB
    wah aku ini masuk dalam salah satu daftar yang ingin kukunjungi. satu arah sama candi barong. Ingin melihat sekali lagi, dan sekali lagi di candi banyunibo dari pelataran candi barong yang unik.
    Lokasinya deket dengan Candi Barong kok mbak E. Ndak bakal kesasar deh pokoknya. :)
  • UTOMO SETIYAWAN
    avatar 3675
    UTOMO SETIYAWAN #Rabu, 16 Feb 2011, 22:22 WIB
    Ini candi keliatannya cukup besar dan tinggi. Apa benar letaknya
    dipinggir jalan menuju pantai Parangkusumo/Parangtritis. Tapi nama
    situs candi apa ya dan di BP3 atau di dinas Pariwisata apa tidak ada
    datanya ya? Apa untuk situs candi sperti ini apa tidak ada usaha untuk
    menata ulang kembali ya biar utuh gitu.
    Ini di deket Candi Barong mas, di Prambanan, bukan di Parangtritis :)
  • ARASHI KENSHO
    avatar 3676
    ARASHI KENSHO #Kamis, 17 Feb 2011, 13:20 WIB
    arashi kensho,corp
    kpn2 deh saya main ksana, tempat nya asik gak?
    lumayan
  • RITA
    avatar 4132
    RITA #Jum'at, 12 Ags 2011, 11:39 WIB
    lain kali ajak saya yah ????
    :D
    sip mbak, tapi nyepeda yah :p
  • RITA
    avatar 4162
    RITA #Senin, 15 Ags 2011, 12:04 WIB
    iya gpp lah nyepeda juga.. :p
    wekekeke :D
  • ANDHOYO
    avatar 4605
    ANDHOYO #Sabtu, 19 Mei 2012, 16:58 WIB
    wahh,, salut..
    sampeyan bener2 mblusuk tekan ngendi-endi..
    mas, klo sempet sekalian bookmark di googlemap nggih..
    supaya aku juga bisa sampe ke sana..
    nuwun..
    woke sip
  • WAWAN
    avatar 5119
    WAWAN #Minggu, 3 Mar 2013, 01:36 WIB
    Melihat bentuknya besarnya candi kmungkinan sebesar candi borobudur dan badan candi amsih tertimbun tanah.
    hahaha, mungkin stupanya besar ya, tapi klo sbesar borobudur kayaknya ya nggak deh