Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Kamis, 22 Januari 2009, 21:48 WIB

Siang hari sehabis rampung mata kuliah Praktikum Program Linear di gedung Fakultas MIPA Utara, beberapa teman kuliahku di prodi Matematika angkatan 2004 mencetuskan ide untuk jalan-jalan ke Kebun Binatang Gembiraloka.

 

Singkat proses, orang-orang yang kemudian tergerak untuk jalan-jalan ke Kebun Binatang Gembiraloka pada Kamis (6/4/2006) siang itu adalah GunawanEkaRullyIpinRadit, dan tentu saja aku . Selain kami berenam, ikut juga seorang adik angkatan dari angkatan 2005 yang bernama Ardi.

 

foto gaya busana mahasiswa matematika ugm zaman dulu pada zaman dulu di yogyakarta tahun 2006

 

Harap diketahui, ini adalah yang pertama kalinya aku berkunjung ke Kebun Binatang Gembiraloka.

 

Hehehe, aku termasuk ke dalam golongan orang yang "telat" mengunjungi Kebun Binatang Gembiraloka karena baru sempat ke sini dengan status sebagai mahasiswa semester 4 Prodi Matematika UGM. Umumnya orang-orang pertama kali ke Kebun Binatang Gembiraloka itu kan pas mereka masih bocah ingusan.

 

Sekedar info, Kebun Binatang Gembiraloka merupakan kebun binatang satu-satunya di provinsi DI Yogyakarta. Kebun binatang ini beralamat di Jl. Kebun Raya no. 2, Kelurahan Rejowinangun, Kecamatan Kotagede, Kota Yogyakarta.

 

cerita mahasiswa matematika ugm pada zaman dulu di yogyakarta tahun 2006

 

Sebelum berangkat ke Gembiraloka, terlebih dahulu kami berdoa dengan dipimpin oleh Ipin. Kemudian dengan mengendarai sepeda motor pergilah kami ke Kebun Binatang Gembiraloka.

 

Jarak dari gedung Fakultas MIPA Utara ke Kebun Binatang Gembiraloka kira-kira sekitar 7 km. Rute jalan yang dipilih adalah UGM → Jl. Prof. Dr. Yohannes → Flyover Lempuyangan → Jl. Kusumanegara → Kebun Binatang Gembiraloka.

 

foto mahasiswa matematika ugm samsul arifin dosen naik motor di jalan boulevard ugm pada zaman dulu di yogyakarta tahun 2006

mahasiswa matematika ugm winkausyar warnanto dan joko affady alhuda naik motor lewat samping spbu sagan jalan prof yohannes pada zaman dulu di yogyakarta tahun 2006

mahasiswa matematika ugm gunawan saputra usman dan rully charitas indra pramana naik motor lewat depan spbu lempuyangan pada zaman dulu di yogyakarta tahun 2006

mahasiswa matematika ugm raditya panji umbara dan ardiyanto naik motor di perempatan pabrik susu sgm pada zaman dulu di yogyakarta tahun 2006

 

Kami tiba dengan selamat di Kebun Binatang Gembiraloka sekitar pukul 2 siang. Setelah memarkirkan sepeda motor di tempat parkir resmi, kami menuju ke loket tiket untuk membeli tiket masuk. Harga tiket masuk ke Kebun Binatang Gembiraloka adalah Rp8.000 per orang. Harga tiket yang segitu bisa setara dengan biaya untuk dua kali makan.

 

kondisi wujud tempat parkir sepeda motor kebun binatang gembiraloka pada zaman dulu di yogyakarta tahun 2006

wujud bentuk loket tiket masuk kebun binatang gembiraloka pada zaman dulu di yogyakarta tahun 2006

mahasiswa ugm memperlihatkan harga tiket masuk kebun binatang gembiraloka pada zaman dulu di yogyakarta tahun 2006

foto wisata anak kuliah mahasiswa ugm saat jalan-jalan di kebun binatang gembiraloka pada zaman dulu di yogyakarta tahun 2006

 

Sebelum disambut oleh kandang-kandang hewan, kami disambut oleh indahnya pemandangan danau. Sepertinya ini danau buatan. Di tengah danau ada pulau yang bertuliskan Majang Tirto. Pengunjung bisa singgah di pulau tersebut dengan menyeberangi jembatan.

 

mahasiswa cowok pakai tas ransel jalan kaki di pinggir danau moyang tirto kebun binatang gembiraloka pada zaman dulu di yogyakarta tahun 2006

foto kios-kios suvenir topi di sepanjang jalan kebun binatang gembiraloka pada zaman dulu di yogyakarta tahun 2006

suasana danau mayang tirta kebun binatang gembiraloka pada zaman dulu di yogyakarta tahun 2006

wujud penampakan pulau buatan di tengah danau mayang tirta kebun binatang gembiraloka pada zaman dulu di yogyakarta tahun 2006

 

Kami pun berkeliling menikmati koleksi hewan-hewan di Kebun Binatang Gembiraloka. Tentu dengan canda dan tawa. Apalagi saat Gunawan bercanda dengan Ipin.

 

kandang burung kasuari kebun binatang gembiraloka pada zaman dulu di yogyakarta tahun 2006

kandang buaya kebun binatang gembiraloka pada zaman dulu di yogyakarta tahun 2006

kandang tapir sedang tidur kebun binatang gembiraloka pada zaman dulu di yogyakarta tahun 2006

kandang babi rusa kebun binatang gembiraloka pada zaman dulu di yogyakarta tahun 2006

kandang kangguru kebun binatang gembiraloka pada zaman dulu di yogyakarta tahun 2006

kandang unta punuk satu kebun binatang gembiraloka pada zaman dulu di yogyakarta tahun 2006

kandang berang berang kebun binatang gembiraloka pada zaman dulu di yogyakarta tahun 2006

kandang zebra kebun binatang gembiraloka pada zaman dulu di yogyakarta tahun 2006

kandang gajah kebun binatang gembiraloka pada zaman dulu di yogyakarta tahun 2006

akuarium ikan macan kebun binatang gembiraloka pada zaman dulu di yogyakarta tahun 2006

 

Aku sendiri penasaran ingin melihat harimau. Sayang kandang harimau itu bentuknya seperti lembah. Mungkin sebagai langkah antisipasi agar harimau tidak bisa kabur. Tapi karena itu aku jadi nggak bisa memotret harimau lebih dekat.

 

Eh, ternyata ada juga harimau yang ditempatkan di kandang kecil. Sepertinya ini kandang untuk isolasi. Tapi sayangnya pada waktu itu si harimaunya sedang tidur. Wew...

 

kandang harimau putih kebun binatang gembiraloka pada zaman dulu di yogyakarta tahun 2006

kandang harimau yang tidur sakit kebun binatang gembiraloka pada zaman dulu di yogyakarta tahun 2006

 

Secara keseluruhan, berkunjung ke Kebun Binatang Gembiraloka amat menyenangkan. Tiket masuknya murah (kalau dibandingkan sama tiket Taman Safari sih ) dan lokasinya lumayan dekat dari pusat kota. Apalagi karena waktu itu kami singgah pada hari kerja jadinya pengunjung Kebun Binatang Gembiraloka relatif sedikit.

 

Yang menurutku perlu diperhatikan bagi pengelola Kebun Binatang Gembiraloka adalah kandang-kandang yang kondisinya rata-rata sudah usang dan terlihat tua. Mungkin perlu ada rencana untuk diremajakan agar enak dilihat. Termasuk juga fasilitas di dalam Kebun Binatang Gembiraloka boleh dibilang masih ala kadarnya. Ke depannya mungkin juga perlu ditingkatkan.

 

wisatawan melihat ikan di akuarium air tawar kebun binatang gembiraloka pada zaman dulu di yogyakarta tahun 2006

foto ramai-ramai mahasiswa matematika ugm culun cupu saat berwisata di kebun binatang gembiraloka pada zaman dulu di yogyakarta tahun 2006

mahasiswa matematika ugm eka krisna santoso balikpapan duduk capek keliling kebun binatang gembiraloka pada zaman dulu di yogyakarta tahun 2006

pengalaman mahasiswa ugm dipalak tukang parkir di kawasan kebun binatang gembiraloka pada zaman dulu di yogyakarta tahun 2006

 

Sekitar pukul 4 sore kurang beberapa belas menit, kami pun mengakhiri jalan-jalan singkat di Kebun Binatang Gembiraloka untuk kembali ke kampus FMIPA UGM. Semoga suatu saat nanti aku bisa berkunjung kembali ke Kebun Binatang Gembiraloka.


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • EKA
    avatar 11133
    EKA #Jum'at, 20 Okt 2017, 15:38 WIB
    Culun euy
    wkwkwkw 10 tahun lebih
  • IPIN
    avatar 11134
    IPIN #Jum'at, 20 Okt 2017, 16:16 WIB
    Ini beneran sy yang pimpin doa?
  • GUNAWAN
    avatar 11135
    GUNAWAN #Jum'at, 20 Okt 2017, 16:19 WIB
    gimana kalo kita janjian dengan orang yang
    sama dan foto bersama... hahahaha...
    berasa manusia yang berbeda
  • RULLY
    avatar 11136
    RULLY #Jum'at, 20 Okt 2017, 16:34 WIB
    Ternyata aq pernah kurus 😊
    Makasih banyak ya maw telah mendokumentasikan kebahagian kita dimasa lalu.
    Semoga bisa kumpul-kumpul lagi. Aamiin...
  • PUTRI
    avatar 11137
    PUTRI #Jum'at, 20 Okt 2017, 17:20 WIB
    Poto lagi dunk, tempay n pose yg sama, mau
    tau after 10 taonnya kek mana sekarang,
    (gunjay udah keitung 2 skrng pasti)
  • WIN
    avatar 11139
    WIN #Sabtu, 21 Okt 2017, 11:27 WIB
    Yah enggak ikut hehe