Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Senin, 24 November 2008, 17:58 WIB

Kamis malam (20/11/2008), aku kedatangan tamu (tak diundang). Yuda, salah seorang personil Math 2004 itu datang ke rumah tanpa alasan yang jelas. Yang jelas, alasannya menyambangiku ini pastilah bukan karena takut merusak kemesraan Gunawan dan Yayan.

 

Belum lama ini Yuda memang sudah pindah kos. Dirinya nggak lagi tinggal seatap dengan penduduk negeri Zimbabwe (itu panggilan sayangnya untuk Gunawan ). Bisa jadi Yuda kesepian dan karena itulah ia bertamu ke rumahku.

 

Kebetulan, karena aku belum makan malam, ya aku ajak saja penduduk Kalimantan Timur itu untuk menemaniku makan. Berhubung aku yang mengajak, alhasil Yuda nodong minta ditraktir. Ya sudah, aku nurut saja. Karena aku awam perihal perkulineran dunia malam, dirinya kupasrahkan memilih tempat makan. Tentu saja, pilihan tempat makannya aku batasi, terutama agar harganya nggak mencekik kantong . Pilihan Yuda pun jatuh kepada Warung Coto Makassar di kawasan Kotabaru, kota Yogyakarta.

 

Suasana Warung Coto Makassar Kotabaru Yogyakarta
Coto Makassar dengan ketupat.

 

Warung Coto Makassar ini letaknya nggak jauh dari Gereja Santo Antonius, Kotabaru. Tepatnya berada di Jl. Krasak no. 5. Lokasi warung berada di trotoar persis di depan asrama Mahasasiswa Sulawesi Selatan. Warung Coto Makassar ini buka buka dari pukul 8 pagi sampai 9 malam.

 

Kami mengambil tempat duduk di dekat kasir kemudian memesan menu andalan Warung Coto Makassar yang tidak lain dan tidak bukan adalah coto Makassar . Sesuai namanya, coto Makassar adalah soto yang berasal dari Sulawesi Selatan. Berbeda dengan soto Jogja yang umumnya berkuah bening, coto Makassar berkuah pekat. Coto Makassar ini juga minim sayuran. Daging yang digunakan adalah jeroan sapi. Hmm...benar-benar bukan soto sahabat para penderita kolesterol nih.

 

Karbohidrat di coto Makassar bukan nasi melainkan ketupat kecil. Ketupat-ketupat ini dihargai Rp500 per buah. Kalau mau memenuhi hasrat perut di malam hari itu, bisa saja aku menghabiskan sekitar 8 ketupat untuk satu mangkuk coto Makassar.

 

Adapun daftar harganya santapan di Warung Coto Makassar adalah sebagai berikut.

 

Coto Makassar Rp6.000
Ketupat Rp500
Jeruk/Teh Panas/Dingin Rp1.000

 

Selain coto Makassar yang menjadi andalan, Warung Coto Makassar juga menyajikan santapan khas Sulawesi Selatan lain seperti es palubutung, es pisang ijo, barongko, pisang epe’, sarabba, dan kue lumpur.

 

Harga dan Menu Coto Makassar Kotabaru Yogyakarta
Ketupatnya jangan banyak-banyak Yud! Tekor aku!

 

Warung Coto Makassar ini memang pas dengan selera perut dan kantong mahasiswa. Tak ayal, banyak teman-teman Math 2004 yang sering bertandang kemari, khususnya para wanita.

 

Duduk berdua, layaknya pasangan homo , aku menemani Yuda yang berganti memuaskan hawa nafsunya dengan memandang setiap pengendara motor wanita yang melintasi warung. Kawanku ini memang sedang dekat dengan seorang wanita dan esok hari adalah perjumpaan pertama mereka di Grha Sabha Pramana UGM.

 

Yah Yud, aku mendoakan yang terbaik untuk dirimu, wanita itu, dan kisah yang kelak kan kalian rajut. Oh ya, cuma satu pesanku, jaga matamu, jangan keseringan melirik setiap wanita!


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • SAMSUL ARIFIN
    avatar 121
    SAMSUL ARIFIN #Rabu, 3 Des 2008, 13:01 WIB
    coto makassar ga enak, serius !
    aku makan di makassar dulu, dan aku kapok. udah mahal, ga enak lagi.
    masak? yang aku makan bersama Yuda cukup enak kok. Ya, kapan-kapan kita makan disana ya Pin. Boleh juga kalau kamu tau warung makan khas Kebumen.
  • WINKY
    avatar 122
    WINKY #Kamis, 4 Des 2008, 13:13 WIB
    Enak kok coto makasar..aku pernah makan yg di sagan, sama es pisang ijo juga..sama enaknya..

    Yukz..makan2 bareng..aku yg ke jogja ato kalian yg ke bandung?? :D
    kalao ke Bandung gantian aku yg minta ditraktir Mie Kocok yg deket Kartika Sari (yg mana aja deh). Harganya murah kok, cuma Rp. 13.000,- seporsi ya Win? Es Jeruknya? Hmmm...Rp. 7.000,- segelas kan? hehehe
  • ANDI
    avatar 300
    ANDI #Selasa, 7 Apr 2009, 08:00 WIB
    Lebih enak yang ada di jakal seberang Squarenet. Disana lengkap makanan khasnya. Ada konro ama sop saudara. Pisang ijonya juga enak. Kalah jauh deh rasanya ama yang di Krasak.
    hmm, boleh juga referensi tempat makannya, ntar di-eksplorasi lebih lanjut ya Ndi. Kemarin dulu tu karena kita-kita udah laper, jadi nggak kuat pergi jauh. he3.
  • TIA
    avatar 502
    TIA #Senin, 18 Mei 2009, 00:14 WIB
    aku pernah makan coto makassar sama es pisang ijo, dulu waktu pertukaran pelajar ke wajo sulsel.. disana dikasih makanan terus coba mas, hehe, makmur deh.. coto makassar kok kataku mirip ma jangan brongkos ya.. apa cuman warnanya aja ya..
    Tapi lebih guuurih, lebih pekaat, dimakan pake ketupat, nyammmm!
  • EEM
    avatar 1085
    EEM #Selasa, 28 Jul 2009, 01:45 WIB
    Ipin impulsif, ngekek :p
    biasalah Maa, kalau menurut Ipin itu makanan paling enak ya tahu dan tempe... :)
  • RINDITA
    avatar 1478
    RINDITA #Sabtu, 3 Okt 2009, 11:37 WIB
    Weh memang enak kok coto makassar,,aquh ketagihan!
    tapi yang coto daging ogah yang campur jeroan,,,
    dulu aquh sempet mikir coto tu soto ap enggak y??
    makan coto makassar bareng yukz?? ^^
    kmu yang traktir yawh hehehehe
    tenang Dit, semua urusan bakal kita selesaikan sepulangnya aku dari Jakarta, wekekeke
  • FROZZY
    avatar 1481
    FROZZY #Sabtu, 3 Okt 2009, 16:38 WIB
    waaah....coto makassar,smangkok tak kan cukup...jgn lupa pake jeruk nipis n sambel yg banyak.yummy...
    wah...berati ngomongin oleh-oleh dari Makassar dunk ni, :p
  • SEPTIA RANI
    avatar 1951
    SEPTIA RANI #Minggu, 20 Des 2009, 14:49 WIB
    ternyata aku pernah komen disini :p
    gak ada hadiah apa mas buwat komentator terbanyak
    dan terajin?? mauu hadiahnya.. :D

    aku kangen pengen ke sulawesi lagi, disana
    gunungnya ijooo, bagus pokoknya..
    hmm, banyak banget deh mas pengalamanku itu yang
    didapat karena sebuah kesempatan, kesempatan yang
    mungkin gak akan pernah aku dapatkan dua kali,
    mungkin karena kebaikan orang lain juga terhadapku,
    aku bersyukur banget atas itu semua :)
    hohohoho
  • WINA
    avatar 3059
    WINA #Kamis, 29 Jul 2010, 14:42 WIB
    2 kali makan disitu di traktir temen ultah, gak pernah bayar sendiri.
    tapi jam 3an udah hampir habis tuh... masak smpk jam 9??
    wah ini emang sukanya nyari gratisan :p
    iya sampai jam 9 malem kok.