Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Sabtu, 25 Oktober 2008, 09:06 WIB

Entah kenapa di hari Senin (20/10/2008) itu, hanya di daerah rumahku saja yang terbebas dari pemadaman PLN yang kabarnya juga melanda Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Di tengah ketidakpastian pasokan listrik itu, sejumlah kawan berniat "kabur" ke rumahku demi mendapatkan secercah cahaya di tengah gelapnya malam.

 

Akan tetapi, hanya satu orang yang berhasil dengan selamat datang ke rumahku. Bedebah itu nggak lain adalah Irsyad, teman satu perjuanganku pas KKN.

 

Selera Rakyat Aceh

Irsyad Ardhi Teknik Sipil UGM pada tahun 2008
Irsyad "Upil" Ardhi.
Manusia Pulau Sebrang.

Irsyad rupanya nggak hanya sekadar melarikan diri dari kosnya yang gelap gulita. Dirinya masih berambisi mengajakku menyantap kuliner Aceh. Pemuda teknik sipil ini memang kental darah Aceh-nya. Nyaris selama dua bulan KKN dirinya kerap mengeluh perihal masakan-masakan Jawa yang rasa dan bentuknya nggak pernah dia jumpai selama hidup di Aceh.

 

Karena Irsyad nggak pulang ke kampung halamannya pada lebaran lalu, mungkin sudah saatnya dirinya melampiaskan rasa kangen pada tanah kelahirannya dengan menyantap kuliner Aceh. Karena aku betul-betul awam dengan kuliner Aceh, aku pasrahkan saja ke Irsyad untuk mencari tempat makan yang menyajikan kuliner Aceh. Pilihan pada malam hari itu pun jatuh kepada Rumah Makan Khas Aceh, Bungong Jeumpa.

 

Lokasi rumah makan Bungong Jeumpa cukup dekat dari pusat Kota Jogja. Tepatnya di Jl. RW Monginsidi no. 40 B. Dekat dengan Borobudur Plaza dan persis di seberang pertigaan lampu lalu lintas.

 

Rumah makan Bungong Jeumpa buka setiap hari dari pukul 8 pagi sampai setengah 11 malam. Rumah makan Bungong Jeumpa juga melayani pesanan untuk acara pernikahan, ulang tahun, wisuda, rapat, seminar dll. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi saja nomor telepon (0274) 7010 400 (Telkom Flexi).

 

Kuliner Aceh yang Menggoda

Suasana Rumah Makan Bungong Jeumpa Yogyakarta pada tahun 2008
Suasana yang sangat "rumahan" sekali.

Suasana rumah makan Bungong Jeumpa terasa akrab dan familiar. Mungkin karena penataan meja dan kursi yang menimbulkan kesan suasana rumahan. Seakan-akan pengunjung sedang tidak bersantap di rumah makan, melainkan bersantap di rumah sendiri.

 

Daftar kuliner Aceh yang terangkum dalam menu rumah makan Bungong Jeumpa ini lumayan komplit. Bungong Jeumpa menyediakan beragam varian mie Aceh, nasi goreng Aceh, martabak Aceh, nasi gurih, roti cane, dan berbagai jenis makanan dan minuman lainnya.

 

Pada malam hari itu aku memesan mie goreng Aceh udang (Rp10.000) dan kopi Aceh (Rp3.000). Aku penasaran saja dengan yang namanya kopi Aceh. Sebab, berbagai media yang pernah aku baca menuturkan bahwa masyarakat Aceh sangat gemar ngopi. Nggak heran kalau kopi Aceh konon disebut-sebut sebagai kopi terbaik.

 

Aku memang bukan pakar kopi ataupun penikmat kopi sejati, akan tetapi begitu menyeruput secangkir kopi Aceh hangat, tiba-tiba muncul perasaan bahwa kopi ini harus dihabiskan perlahan-lahan dengan menikmati rasa serta aromanya. Dengan kenikmatan yang demikian, pantas saja orang Aceh menjadi gemar ngopi.

 

Mie Goreng Aceh Udang khas Rumah Makan Bungong Jeumpa Yogyakarta pada tahun 2008
Mie Goreng Aceh Udang dan Kopi Aceh.
Nyammm...

Setelah menunggu cukup lama, akhirnya hidangan yang dinanti-nantikan tiba juga. Mie goreng Aceh udang dihidangkan di piring keramik yang sangat "rumahan” sekali. Mienya berwarna kuning, agak tebal, bulat, dan diproduksi sendiri oleh rumah makan Bungong Jeumpa.

 

Mie Aceh ini masih menyisakan sedikit kuah yang kental. Komposisi di mie goreng Aceh udang tersebut ada udang (jelas lah!), irisan kubis, daun bawang, tauge (kecambah), kacang goreng, dan berbagai jenis rempah-rempah.

 

Ketika disantap, wah...rasa rempah-rempahnya, gurihnya, dan pedasnya mie Aceh ini seperti sedang lomba adu lari. Nikmat! Sebagai pelengkap, disajikan pula kerupuk udang, irisan mentimun, bawang merah, dan jeruk nipis. Hmmm, jadi makin tambah segar saja rasa mie ini.

 

Oke deh! Sekian dulu laporan kuliner Aceh di Yogyakarta di malam hari ini. Bagi Pembaca yang kebingungan untuk mencari tempat makan atau penasaran dengan kuliner Aceh, aku sarankan untuk segera bertamu ke rumah makan Bungong Jeumpa. Top Markotop!

 

Di Malam Itu...

Suasana di Bungong Jeumpa sangat Aceh sekali! Rasanya, seakan-akan aku sedang nggak berada di Yogyakarta. Selain karena pelayannya orang Aceh, pengunjung rumah makan ini mayoritas adalah warga Aceh. Sempat takut kalau aku salah bicara tentang Aceh (biasa, politik Aceh kan sedang memanas), bisa-bisa aku nggak dapat keluar dari rumah makan ini dengan selamat! Tetapi pelayannya ternyata baik. Aku bahkan diperkenankan membawa daftar menu untuk dibawa pulang. Trims!

 

Tentang Irsyad...

Hubungan kami nggak menjadi jauh semenjak KKN usai. Isryad adalah orang yang cukup “ceriwis” dalam bercerita. Irsyad juga punya koleksi aib-aibku selama di KKN. Singkat cerita, Irsyad kerap kufungsikan sebagai tempat curhat. Salam buat keempat fansmu ya Syad...eh...lima!


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • WINKY
    avatar 66
    WINKY #Minggu, 26 Okt 2008, 18:02 WIB
    uhmm..mak nyuss...

    tetep sehat, tetep semangat, supaya bisa tetep jalan2..hehehehe
    eh iya lupa nulis, semua makanan yang disajikan disana tanpa bumbu ganja lho.
  • PEIN
    avatar 538
    PEIN #Jum'at, 22 Mei 2009, 17:01 WIB
    Pengen neh.................

    Kayaknya enakkkkKKKKKkkkkkKKKKKkkkkKKKkkkk..........
    ati-ati pedes!
  • PEIN
    avatar 540
    PEIN #Jum'at, 22 Mei 2009, 20:02 WIB
    Pedes aja mah lewaaaaaaaaaaaaaaaaatttttttttt.........

    Wakakkakakakak........ :P
    weleh2, belum tau dia...
  • SUWUNG
    avatar 2295
    SUWUNG #Rabu, 24 Feb 2010, 17:09 WIB
    katanya puedes ya?
    bangeeet :D
  • RITA
    avatar 4177
    RITA #Senin, 15 Ags 2011, 14:28 WIB
    maaatttaaapppp
    hehe
    Matur nuwun mbak e :)
  • CUMI MZTORO
    avatar 5116
    CUMI MZTORO #Kamis, 28 Feb 2013, 18:44 WIB
    Mie aceh mmg mengoda ... jadi pingin nich :)
    ah bang Cumi klo urusan makanan sih maju :D
  • FUAD FAUZI
    avatar 5465
    FUAD FAUZI #Sabtu, 10 Ags 2013, 17:41 WIB
    Weh, web-mu udah mulai SEO Friendly, mas. Good Job n Good Luck.
    weleh, perasaan dari dulu ya gitu-gitu aja kok
  • PUNGKY SUDRAJAT
    avatar 5862
    PUNGKY SUDRAJAT #Kamis, 13 Mar 2014, 11:42 WIB
    Waah.. enak banget tuh mas, mie aceh... langsung jatuh cinta pada suapan pertama... :)
    rempahnya terasa banget!
  • YUSUF MBANTOL
    avatar 9225
    YUSUF MBANTOL #Kamis, 11 Feb 2016, 09:13 WIB
    blog nya juara mas...
  • IRSYAD
    avatar 9611
    IRSYAD #Selasa, 26 Apr 2016, 10:56 WIB
    hehehe.. lucu juga baca blog ini, sudah lama sekali.. mas wijna. apa kabar? lama tidak
    bersua. dirimu masih di rumah yg sama?
  • KELAPA INDONESIA
    avatar 11155
    KELAPA INDONESIA #Sabtu, 11 Nov 2017, 08:56 WIB
    Woow sangat lezt sekali kayaknya
    ingin mencoba tapi jauh..huhuhu
    suatu saat nanti semoga bisa mampir ke Jogja ya :)