Maw Mblusuk?

HALO PEMBACA!

Selamat nyasar di blog Maw Mblusuk? !

Di blog ini Pembaca bisa menemukan lokasi-lokasi unik seputar aktivitas blusukan-ku ke sana-sini. Eh, kalau ada kritik, saran, atau pesan bilang-bilang aku yah! Nuwun!

Cari Artikel

LANGGANAN YUK!

Dengan berlangganan, Anda akan senantiasa mendapatkan update artikel terbaru blog ini.


Bisa berlangganan melalui e-mail.

oleh FeedBurner

Atau melalui RSS Feed berikut.
feeds.feedburner.com/mblusuk
Rabu, 22 Oktober 2008, 18:43 WIB

Etika Berwisata Peninggalan Bersejarah

  1. Jangan buang sampah sembarangan!
  2. Jangan merusak peninggalan bersejarah! Kalau bisa batasi kontak fisik ke benda tersebut!
  3. Baca informasi sejarahnya. Kalau perlu difoto dan dibaca lagi di rumah.
  4. Patuhi peraturan yang berlaku!
  5. Jaga sikap dan sopan-santun!
  6. Jangan hanya foto-foto selfie thok!
  7. Kalau tempat wisatanya sudah ramai, jangan ke sana!

Lebih lanjut, silakan simak artikel ini.

Walau bukan termasuk ke dalam kategori Candi, namun Gua Sentono tetap berkaitan dengan peninggalan sejarah Indonesia di zaman kerajaan Hindu-Buddha. Seperti apakah Gua Sentono tersebut? Yuk kita cek!

 

Satu Bukit dengan Candi Abang

Letak Gua Sentono berada tidak begitu jauh dari Candi Abang. Malah masih terhitung satu bukit. Secara administratif, Gua Sentono berada di Desa Sendangtirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

 

Di hari Sabtu pagi (18/10/2008), sebelum menuju Candi Abang, aku bersama Andreas mampir dulu ke Gua Sentono.

 

Foto Gua Sentono, Berbah, Sleman, Yogyakarta pada Oktober 2008
Penampakan muka Gua Sentono.

 

Rute Menuju Gua Sentono

Untuk mencapai Gua Sentono terlebih dahulu kami harus melalui Jl. Raya Yogyakarta – Solo sampai kami tiba di pertigaan Pasar Prambanan. Kemudian, kami menyusuri Jl. Raya Prambanan – Piyungan hingga sampai di kilometer ke-8. Di sana terdapat papan petunjuk arah menuju ke Candi Abang dan Gua Sentono.

 

Kami mengikuti papan petunjuk arah tersebut. Tepat di sebuah perempatan yang dekat dengan bengkel sepeda motor, kami berbelok ke arah kanan. Dari sana Gua Sentono sudah tampak di depan mata. Kalau Pembaca masih ragu-ragu, silakan tanya saja penduduk sekitar.

 

Tiga Gua Purbakala

Gua Sentono merupakan sekumpulan tiga gua kecil yang saling berdekatan dan berada pada satu sisi lereng bukit. Mulut gua-gua tersebut menghadap ke arah barat.

 

Pada gua di sisi paling utara, terdapat arca lingga-yoni. Di dinding gua tersebut terpahat relief Durga Mahesasuramardhini, Mahakala, Agastya, dan Nandiswara. Ukuran gua cukup kecil, yaitu sekitar 3 x 3 meter.

 

Foto Lingga Yoni di Gua Sentono, Berbah, Sleman, Yogyakarta pada Oktober 2008
Isi dari gua di sisi paling utara.

 

Pada gua (lebih tepat disebut ceruk sih) yang berada di posisi tengah, terdapat arca lingga dan relief dewa.

 

Foto Relief Dewa di Gua Sentono, Berbah, Sleman, Yogyakarta pada Oktober 2008
Relief yang terpahat di ceruk Gua Sentono yang diapit dua gua berukuran besar.

 

Sedangkan, di gua sisi paling selatan tidak terdapat arca lingga-yoni. Di dinding gua terpahat sebuah ukiran. Juga, terdapat ceruk di dasar gua. Ukuran gua di sisi selatan ini hampir serupa dengan ukuran gua di sisi utara.

 

Foto Ruang Kosong di Gua Sentono, Berbah, Sleman, Yogyakarta pada Oktober 2008
Ruang kosong di gua di sisi paling selatan.

 

Dari hasil observasi, kami menyimpulkan bahwa Gua Sentono merupakan tempat pemujaan bagi umat Hindu.

 

Foto Relief Nandiswara di Gua Sentono, Berbah, Sleman, Yogyakarta pada Oktober 2008
Relief Nandiswara yang terpahat di Gua Sentono.

 

Kami tidak berlama-lama menyambangi Gua Sentono. Selain karena cuaca yang mulai memanas, kami masih harus segera melanjutkan perjalanan ke Candi Abang.


NIMBRUNG DI SINI

UPS! Anda harus mengaktifkan Javascript untuk bisa mengirim komentar!
  • YOSEPH PRASETYO
    avatar 113
    YOSEPH PRASETYO #Minggu, 30 Nov 2008, 13:24 WIB
    hai anak2 muda,disini pak yoseph jg sehobby dgmu,sangat suka dg candi2 dan suka blusukan cari candi2 yg gak gt ngetop ditelinga r mata,sy bgt terobsesi dg arkeologie.sy tinggal di semarang.sy jg sering ke jogja menikmati candi2 sekalian tengok anak yg kuliah di jogja.hub sy via sms dulu di 08157731424. sy sgt ingin ketemu dg orang2 yg sehobby dg ku. umur sy 47 thn. hub sy ya.... sy tunggu skl
    terima kasih pak, nantikan kabar berikutnya dari kami ya...
  • ANDRE
    avatar 115
    ANDRE #Selasa, 2 Des 2008, 12:13 WIB
    wow..ada member baru..ekspedisi baru..
    member barunya udah bapak-bapak, tetapi kayaknya beliau begitu antusias dan semangat juga bertualang kayak kita
  • DRH.ALEK ARISONA
    avatar 656
    DRH.ALEK ARISONA #Sabtu, 6 Jun 2009, 09:51 WIB
    Halo mas saya drh.Alek, saya juga suka berpetualangan liat candi-candi. saya pernah ketemu sampean di candi kedulan kira-kira 1 bulan lalu, waktu itu sore hari dan candi kedulan tergenang air. tolong sms saya di 081392578669. ayo mas kita bikin komunitas, biar kita dapat lbh banyak teman lagi....oh iya umur saya 28 tahun .thx
    Oke deh maas, kalau ada kabar nanti segera kami kabari yah. Oke!
  • GALY HARDYTA
    avatar 1718
    GALY HARDYTA #Minggu, 8 Nov 2009, 19:23 WIB
    Di Jawa Timur ada situs gua Selomangleng (ada 2, di kediri dan tulungagung)serupa dengan situs gua sentono. merupakan situs peninggalan kerajaan kediri.
    Hohoho, terima kasih buat infonya mas :D
  • SONNY B KARSONO
    avatar 2982
    SONNY B KARSONO #Kamis, 15 Jul 2010, 22:47 WIB
    Wah,mantab..ada juga yg hobby motret candi. yuuuk, kapan2 hunting
    bareng!

    Salam kenal buat rekan2 sehobby
    hohoho, salam kenal juga Kang :)
  • MAHFITA DWIYANTI RAHAYUN
    avatar 4628
    MAHFITA DWIYANTI RAHAYUN #Senin, 28 Mei 2012, 12:15 WIB
    aku juga pernah mblusuk ke gua sentono lho mas.. tempatnya nyaman banget, soalnya tiap
    hari dibersihkan sama bapak juru kuncinya. sudah pernah ke arco gupolo belum mas? ayo
    kapan-kapan ke sana.. aku ikut hehehe
    hahaha, kalau Arca Gupala saya sudah pernah mbak. Silakan simak di daftar artikel sejarah saya ya. :D
  • FE
    avatar 4914
    FE #Selasa, 11 Des 2012, 20:55 WIB
    suka blusukan ke candi sejak kkn di kebondalem kidul ya? :D
    sebenernya sih beberapa bulan sebelum itu :D
  • SISWANTO
    avatar 5505
    SISWANTO #Kamis, 22 Ags 2013, 16:40 WIB
    kira kira dengan pemukiman warga berjarak berapa meter ya? dan boleh minta rekomendasi
    situs purbakala wilayah jogja dan sekitarnya yang mempunyai space cukup luas dan jika
    membuat kegiatan di situs tidak mengganggu warga. terima kasih banyak :) :d
    Jarak Gua Sentono dengan pemukiman warga itu lumayan dekat, sekitar 50 meter. Kalau mau mencari lokasi yang lumayan luas bisa di Candi Miri di Prambanan, tapi ya akses jalan ke sana harus masuk hutan.
  • NOVALITA
    avatar 5525
    NOVALITA #Minggu, 8 Sep 2013, 13:04 WIB
    tempatnya asyik buat foto-foto ...
    saya sering sepedaan bareng temen-temen di candi abang/gua sentono...

    btw, kalau bawa motor bisa nggak motornya dinaiki sampai ke atas bukit?
    Bisa kok motornya naik sampai atas bukit Candi Abang, tapi ya penuh perjuangan.
  • HARNANTO
    avatar 9454
    HARNANTO #Selasa, 5 Apr 2016, 16:48 WIB
    setelah baca sebagian besar artikele sampean kok jadi kepengem ikut jalan jalan to mas.??????